by

Bersihkan Areal Pasar, Bupati Jembrana: Kita harus Berbenah Menuju Jembrana Emas 2026

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran ASN Pemkab Jembrana melakukan kegiatan gotong royong membersihkan areal Pasar Ijo Gading, untuk kesiapan tempat Relokasi Pedagang Pasar Umum Negara, Jembrana Bali, Jumat (9/6/2023). Kegiatan gotong royong tersebut juga menggynakan alat berat untuk mempercepat pembersihan puing bangunan di sisi luar yang dibongkar dan tidak digunakan, sehingga areal pasar terlihat lebih luas dan terbuka.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali memastikan kesiapan lokasi yang akan digunakan relokasi para padagang Pasar Umum Negara, direncanakan pasar terbesar di Kabupaten Jembrana tersebut akan direvitalisasi menggunakan anggaran pusat, karena beberapa bangunan pasar ada yang rusak dan bocor dan sudah lama tidak ada perbaikan. Upaya revitalisasi, pasar yang berdiri sejak tahun 1955 tersebut juga untuk memperbaiki instalasi listrik yang perlu dibenahi untuk menghindari terjadinya kebakaran dan menambah sarana prasarana keamanan pasar.

Saat mengecek kesiapan Pasar Ijogading Jembrana, Bupati Tamba mengatakan bahwa pembersihan Pasar Ijo Gading digenjot karena akan segera digunakan sebagai relokasi para pedagang Pasar Senggol Negara, rencananya relokasi para pedagang tersebut akan mulai dibuka Sabtu (10/6/2023) besok. “Usai mengikuti olahraga rutin pagi tadi, kita langsung terjun ke Pasar Ijo Gading sebagai tempat relokasi para pedagang Pasar Senggol Negara, kita rencanakan relokasi para pedagang Pasar Senggol ini tanggal 10 Juni 2023 sudah dimulai di sini,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba meminta permakluman semua pihak, karena dalam proses revitalisasi pasar tentunya para pedagang akan direlokasi sementara, tempat relokasi telah disiapkan oleh Pemkab Jembrana sehingga pedagang tetap memiliki lokasi untuk berjualan yang representatif, hal tersebut juga untuk mewujudkan pasar yang lebih bersih dan tertata. “Mohon dimaklumi karena kita akan melakukan revitalisasi pasar, kita harus berbenah menuju Jembrana Emas 2026,” ungkap Bupati Tamba.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jembrana, I Komang Agus Adinata mengatakan bahwa area parkir Kantor Bupati Jembrana dinilai cukup memadai untuk menampung para pedagang Pasar Umum Negara. Berbagai fasilitas penunjang telah tersedia, mulai dari listrik, toilet sampai ke lokasi parkir yang cukup luas.

“Tempat ini sangat strategis dan tersedia fasilitas yang cukup memadai, hanya kita menambah los dan kios, sehingga dapat menampung seluruh pedagang pasar yang kurang lebih jumlahnya 550 pedagang, dengan adanya relokasi di Pasar Ijo Gading diharapkan seluruh pedagang Pasar Umum Negara dapat tertampung dan bisa melaksanakan usahanya,” ujar Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata.

I Komang Agus Adinata menambahkan bahwa khusus bagi pedagang perhiasan akan ditempatkan di Pasar Ijo Gading, hal tersebut untuk memberikan keamanan yang lebih bagi pedagang perhiasan. “Seluruh jenis pedagang dapat kita tampung di sini kecuali pedagang emas kita fokuskan di Pasar Ijo gading,” imbuhnya.

Selain Pasar Ijo Gading, Bupati Tamba juga meninjau satu lokasi lain yang akan digunakan sebagai tempat relokasi yaitu area parkir Kantor Bupati Jembrana, area parkir tersebut dipilih untuk menggantikan lapangan Dauhwaru yang sebelumnya direncanakan sebagai tempat relokasi. Dengan demikian, lapangan Dauhwaru tersebut tetap dapat digunakan masyarakat untuk kegiatan olahraga. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA