by

Bupati Jembrana Hadiri Peringatan Tumpek Wayang di Pura Kembar Budeng

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri peringatan Tumpek Wayang yang jatuh setiap Saniscara Kliwon Wuku Wayang secara Sekala dan Niskala. Peringatan Tumpek Wayang tersebut dilaksanakan di Pura Kembar, Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, Bali, Jumat (28/4/2023).

Pemerintah Kabupaten Jembrana memperingati hari Tumpek Wayang secara Sekala dengan membersihkan Pura Kembar di Desa Budeng. Secara Niskala melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana pada puncak Tumpek Wayang.

Saat ditemui oleh media Pewarta Indonesia usai kegiatan bersih-bersih Kabag Kesra Setda Kabupaten Jembrana I Made Tarma menyampaikan bahwa peringatan secara Sekala dilaksanakan dengan melakukan pembersihan di Pura Kembar yang berada di kawasan hutan mangrove Desa Budeng. “Hari ini kegiatan menyambut Tumpek Wayang kita bagi menjadi dua kegiatan, secara Sekala, kita melaksanakan bersih-bersih di Pura Kembar Desa Budeng,” ujar Kabag Kesra Setda I Made Tarma.

I Made Tarma mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih di Pura Kembar tersebut melibatkan seluruh OPD dibantu oleh tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana.
“Dalam kegiatan ini kita membersihkan sampah plastik dan memotong rumput di sekitar pura bersama tenaga dari Dinas LH dan seluruh OPD di Lingkup Pemkab Jembrana,” ucap I Made Tarma.

I Made Tarma menambahkan bahwa peringatan Tumpek Wayang secara Niskala akan dilaksanakan dengan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana pada esok harinya pada puncak peringatan hari Tumpek Wayang. “Untuk besok kegiatan secara Niskala kita mengadakan persembahyangan di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana dengan mengajak Forkopimda, seluruh pimpinan OPD beserta Staf yang beragama Hindu,” imbuhnya.

Sementara Bupati Tamba yang turut hadir di Pura Kembar tersebut ikut melaksanakan pembersihan secara langsung berbaur dengan seluruh jajaran Pemkab Jembrana dan tenaga kebersihan yang bertugas. Pihaknya berencana untuk menata kembali Pura Kembar dengan melengkapi bangunan-bangunan di
utama pura dengan membuat akses jalan, sehingga masyarakat yang akan bersembahyang merasa lebih nyaman. “Pura ini kita rencanakan untuk revitalisasi termasuk jalan dan beberapa pembangunan yang ada di utama pura ini,” ucap Bupati Tamba. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA