by

Pemkab Jembrana Kembali Raih Penghargaan EV-DCI Kabupaten atau Kota

KOPI, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali mendapat penghargaan East Ventures-Digital Competitivenees Indeks (EV-DCI) untuk kategori kabupaten /kota dengan kenaikan indeks daya saing digital tertinggi di Regional Bali-Nusra. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung dalam acara Katadata Regional Summit yang dilaksanakan di Menara Danareksa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (01/12/2022).

Di penghujung tahun 2022 ini sederet prestasi gemilang kembali diukir dan ditoreh oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana. Setelah penghargaan Smart City dari Kominfo RI, kini kembali meraih penghargaan East Ventures- Digital Competitiveness Indeks (EV-DCI).

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa kebanggaannya atas torehan prestasi tersebut. Bupati menilai hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong pemerataan ekonomi digital dan daya saing digital di tengah-tengah masyarakat.

“Pada sektor UMKM di Jembrana hampir seluruhnya diperkuat dengan pemahaman literasi digital, dalam pemasaran berbagai produk telah memanfaatkan terknologi digital, yaitu memanfaatkan flatfom e-commerce. Di samping itu terciptanya inkubator-inkubator bisnis kolaborasi bersama civitas akademika dalam mencetak wirausaha-wirausaha muda yang juga mengadopsi sentuhan-sentuhan teknologi,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan bahwa penghargaan tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya inovasi yang telah diciptakan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana, khususnya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. “Saat ini berbagai inovasi telah diciptakan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana seperti:

  1. Flatfom Jembrana Emergency Servise (JES)
  2. International Bank Account Namber (IBAN)
  3. Aplikasi JSDDD (Jembrana Satu Data Dari Desa).

“Masyarakat sangat antusias dengan keberadaan aplikasi tersebut dan betul-betul dirasakan manfaatannya, hal itu juga menunjukkan masyarakat di Jembrana hampir seluruhnya melek teknologi,” jelas Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga tidak lupa berterima kasih kepada insan media yang ada di Jembrana karena telah membantu tugas pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat. “Penghargaan yang diraih ini juga berkat masifnya peran pemberitaan yang ada di Jembrana, yang telah bekerjasama dengan pemerintah dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Jembrana. Oleh karena itu, prestasi pada penghujung tahun ini tentu motivasi bagi pemerintah dalam mensukseskan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati Tamba.

Sementara itu, CEO PT. Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra menjelaskan bahwa dalam pengukuran EV-DCI tersebut mengacu dari berbagai macam aspek yaitu sebagai berikut:

  1. Pilar Sumber Daya Manusia (SDM)
  2. Penggunaan Teknologi Informasi
  3. Komunikasi (TIK)
  4. Pilar Pengeluaran untuk TIK
  5. Pilar Perekonomian
  6. Pilar Kewirausahaan Produktivitas
  7. Pilar Ketenagakerjaan
  8. Pilar Infrastruktur
  9. Pilar Keuangan
  10. Pilar Regulasi dan Kapasitas Pemerintah Daerah (Pemda).

“Laporan EV-DCI ini dapat menjadi sebuah panduan bagi para stakeholder atau pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan maupun pemerintah daerah, investor maupun para pelaku bisnis untuk memahami dan mengimplementasikan berbagai penemuan yang akan membawa dampak positif pada pemerataan digital di daerah masing-masing,” jelas CEO PT. Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra.

Terkait apa itu EV-DCI Metta Dharmasaputra mengatakan bahwa EV-DCI tersebut merupakan diinisiasi oleh East Ventures untuk membantu mendorong pemerataan ekonomi digital dan daya saing digital di seluruh provinsi di Indonesia, sejak 2020, East Ventures merilis laporan EV-DCI untuk memetakan daya saing digital di 34 provinsi di Indonesia. “Dengan pemerataan daya saing di setiap daerah, kita mampu mendukung ekonomi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi sosial, lingkungan, maupun tata kelola masyarakat,” ucap Metta Dharmasaputra.

Selain Kabupaten Jembrana, bersamaan dengan ini juga diserahkan penghargaan EV-DCI untuk 6 provinsi dan 21 kota/kabupaten mewakili masing-masing regional seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Khusus untuk kategori kota/kabupaten ditambahkan wilayah Jabotabek. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA