by

Gelar Lomba Fashion Show Tenun Bali, Ketua Dekranasda Jembrana: Manfaatkan Ajang Ini

KOPI, Jembrana – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jembrana Nyonya Candrawati Tamba menggelar lomba Fashion Show Tenun Bali, serangkaian dengan Peringatan Hari Ibu ke-94, bertempat di Gedung Sentra Tenun Jembrana, Bali, Jumat (23/12/2022). Lomba fashion show tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta jajaran Forkopimda dan Pimpinan OPD.

Perlombaan fashion show tersebut diikuti sebanyak 51 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Jembrana serta Instansi Perbankan. Lomba tersebut sekaligus bentuk pelestarian tenun tradisional Jembrana, untuk itu digelar di sentra tenun yang baru saja diresmikan, tempat tersebut dipusatkan Pemkab Jembrana sebagai pusat pelestarian dan pengembangan tenun tradisional Jembrana, yang sekaligus sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Jembrana.

Penampilan 51 peserta yang beradu kemampuan berjalan di atas catwalk memamerkan busana tenun khas Jembrana, lomba itu sukses mengundang perhatian pengunjung sentra tenun, tentunya didukung oleh suporter dari OPD masing-masing. Adapun kriteria dalam perlomban fashion show tersebut, yaitu mulai dari kreasi pakaian, keselarasan, penguasaan panggung serta make up, untuk penampilan seluruh peserta dinilai langsung oleh tiga dewan juri yang telah berkompeten di bidangnya.

Ketua Dekranasda Jembrana Nyonya Candrawati Tamba yang juga turut mengisi pagelaran fashion show menyampaikan bahwa lomba fashion show tersebut diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keberadaan dan pelestarian produk kearifan lokal Bali, khususnya tenun tradisional Jembrana. “Di samping itu melalui ajang ini kami berharap akan lahir desainer dan peraga busana Jembrana yang berkualitas,” ujar Ketua Dekranasda Jembrana Nyonya Candrawati Tamba.

Dengan keberadaan sentra tenun tersebut Nyonya Candrawati Tamba mengatakan bahwa hal tersebut sangat positif dalam mendukung pelestarian tenun tradisional khas Jembrana, terlebih dengan diselenggarakannya lomba fashion show. “Mari kita manfaatkan ajang ini untuk menggali dan mengembangkan potensi diri, untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Jembrana, untuk mewujudkan Jembrana emas tahun 2026,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA