by

Pemkab Jembrana Peringati Tumpek Wayang, Sekda I Made Budiasa: Untuk Menjaga Keharmonisan Alam

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana memperingati Rahina Tumpek Wayang yang bertepatan dengan Saniscara Kliwon Wuku Wayang, bertempat di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana Bali, Sabtu (1/10/2022). Peringatan tumpek wayang tersebut
diperingati secara niskala (Gaib) yang meliputi upacara Ruwatan Sapuh Leger dan melaksanakan persembahyangan.

Sebelumnya peringatan tumpek wayang tersebut diawali dengan kegiatan mereresik (bersih-bersih) sampah di beberapa tempat di Pantai Jembrana. Peringatan tumpek wayang tersebut diperingati dengan melaksanakan upacara Jagat Kerthi /Atma Kerthi

Turut hadir Sekda I Made Budiasa, Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana, perwakilan Forkopimda, Majelis Madya serta OPD di Lingkup Pemkab Jembrana.

Usai persembahyangan tersebut Sekda Jembrana I Made Budiasa menjelaskan bahwa perayaan tumpek wayang di Kabupaten Jembrana tersebut diperingati dengan upacara Jagat Kerthi/Atma Kerthi. Hal tersebut dijadikan sebagai pelaksanaan tata titi Kehidupan masyarakat Bali.

“Perayaan tumpek wayang ini merupakan makna untuk menjaga keharmonisan alam beserta isinya. Kita harus memaknai dengan memahami serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ke depan kita semua senantiasa diberikan kerahayuan dan kerahajengan,” jelas Sekda I Made Budiasa.

Sekda I Made Budiasa menambahkan bahwa Tumpek Wayang tersebut memiliki beberapa kekhususan, dan hari suci tersebut merupakan tumpek (pertemuan Saptawara dan Pancawara) yaitu terakhir dalam siklus Pawukon yang seringkali dipandang sebagai wuku yang penuh nuansa mistis. Oleh karena itu bagi mereka yang lahir pada wuku wayang, hendaknya melakukan ruwatan kelahiran agar terhindar dari hal-hal yang negatif.

“Tadi kita sudah melaksanakan penyucian oleh Ida Pedanda Istri, termasuk juga dari wayang sapuh leger yang sudah menyucikan kita semua termasuk yang hadir di sini yaitu, ASN dan masyarakat,  terutama yang lahir pada tumpek wayang, dengan harapan, hal baik selalu menyertai kita semua,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA