by

Wabup Patriana Krisna Serahkan Bantuan  Bencana di Banyubiru dan Gilimanuk

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir akibat luapan sungai dan rumah tertimpa pohon, di dua lokasi kejadian bertempat di Kantor Desa Banyubiru dan Kelurahan Gilimanuk, Bali, Rabu (19/1/2022).

Dalam penyerahan bantuan tersebut Wabup Patriana Krisna didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana I Putu Agus Artana Putra. Jenis bantuan yang diserahkan berupa paket sembako, terpal matras, selimut, dan alat rumah tangga.

Musim penghujan menyebabkan di Kabupaten Jembrana, kembali dilanda bencana. Yang terjadi di Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, sebanyak 26 rumah terendam banjir akibat luapan sungai, juga terjadi di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya akibat derasnya hujan disertai angin kencang sehingga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga, terjadi Jumat (14/1/2022).

Kalaksa BPBD Jembrana I Putu Agus Artana Putra dalam laporannya menyampaikan bahwa, intensitas hujan cukup tinggi terjadi di Kabupaten Jembrana dan berlangsung secara continue, mengakibatkan sungai perbatasan antara Desa Tukadaya, dan Desa Banyubiru, meluap. Sehingga merendam pemukiman penduduk sebanyak 26 rumah warga yang semuanya berada di Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru.”

“Syukur kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, tetapi air yang menggenangi rumah warga tersebut mengakibatkan beberapa alat rumah tangga hanyut terbawa arus sungai dan mengalami kerusakan seperti kulkas, alat dapur dan sepeda motor,” ucap Kalaksa BPBD I Putu Agus Artana Putra.

“Adapun yang terjadi di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, mengalami kerusakan rumah akibat tertimpa pohon tumbang, disebabkan hujan dan angin kencang, syukur saat kejadian tidak ada korban jiwa,” ujar Kalaksa BPBD I Putu Agus Artana Putra.

Sementara itu, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna usai menyerahkan bantuan kepada warga menyampaikan bahwa “Kami turut prihatin apa yang menimpa warga saat ini, baik yang ada di Pebuahan maupun yang ada di Gilimanuk.”

“Kami datang dengan misi kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Jembrana untuk warga yang tertimpa bencana, semoga bantuan ini sedikit tidaknya dapat bermanfaat dan mari bersama-sama berdoa semoga ke depannya tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna meminta agar pihak BPBD Jembrana untuk segera melakukan inventarisasi terhadap dampak kerusakan baik akibat luapan air sungai maupun rumah yang rusak tertimpa pohon tumbang. “Sehingga lebih cepat dalam memberikan bantuan. Sekali lagi saya himbau kepada masyarakat untuk selalu tetap waspada,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA