by

Rapat Persiapan Peringatan Tumpek Uye, Pemkab Jembrana akan Laksanakan di Bendungan Palasari

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana gelar rapat persiapan peringatan tumpek uye/tumpek kandang untuk menyiapkan, Bendungan Palasari sebagai tempat peringatan, rapat digelar di ruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Jembrana.

Dalam rapat tersebut, Sekda Kabupaten Jembrana, Drs. I Made Budiasa M.Si., yang didampingi Asisten I Pemerintahan dan Pemasyarakatan Setda Kabupaten Jembrana Drs. I Nengah Ledang memimpin rapat persiapan pelaksanaan tumpek uye.

Peringatan tumpek uye tersebut sesuai arahan Gubernur Bali terkait perayaan tumpek uye yang dimaksud, sebagai bentuk pemuliaan wewalungan (hewan) untuk memantapkan pelaksanaan perayaan tumpek uye di Kabupaten Jembrana. Rencananya perayaan tumpek uye dengan upacara danu kerthi yang jatuh pada, Sabtu (29/1/2022), akan dipusatkan di Bendungan Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya.

Sekda Budiasa menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan tersebut, meliputi, kegiatan niskala (goib) diantaranya penyucian danau dan otonan sarwa wewalunganpersembahyangan tumpek uye. Sementara kegiatan sekala (nyata) berupa pelepasan 10 ribu ekor ikan ke Bendungan Palasari dan pelepasan burung dan resik sampah di sekitar Bendungan.

“Perayaan tumpek uye dengan upacara danu kerthi ini juga dilaksanakan di masing-masing desa dan kelurahan, desa adat, keluarga, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan swasta serta masyarakat,” jelasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA