by

Pengertian Inflasi Apa Sih? Simak Dampak dan Penyebabnya

KOPI, Jakarta – Inflasi adalah salah satu istilah yang sudah sering Anda dengar sebelumnya. Inflasi erat sekali hubungannya dengan bidang ekonomi dan bisnis. Salah satu ilmu sosial ekonomi ini mampu memberikan dampak secara nasional.

Bagi Anda yang pekerjaannya berada di bidang ekonomi dan bisnis, maka penting sekali untuk memahami apa itu inflasi. Karena inflasi sendiri adalah fenomena yang tidak jarang terjadi dalam dunia ekonomi dan bisnis. Dengan memahami inflasi, Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis yang sedang Anda jalani.

Sehingga bisnis Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar. Bagi semua pebisnis termasuk pula Anda tentunya, kerugian merupakan hal yang paling tidak diharapkan terjadi.

Inflasi Adalah Hal Penting yang Harus Dipahami Pelaku Ekonomi dan Bisnis

Untuk bisa memahami dengan baik istilah inflasi, Anda harus benar-benar mempelajarinya dengan menyeluruh. Mulai dari pengertian dari inflasi, dampak yang disebabkan oleh inflasi, dan penyebab terjadinya inflasi itu sendiri.

Inflasi adalah pengetahuan yang tidak akan membuat Anda merasa rugi bila mempelajarinya. Karena dengan begitu Anda akan semakin mengenali fenomena yang satu ini. Akibatnya, Anda bisa memberikan respon yang lebih cepat dan tanggap untuk menyikapi fenomena ini.

Setelah itu, Anda baru bisa menggunakan pemahaman tersebut untuk diterapkan ketika mengambil keputusan seputar ekonomi dan bisnis. Penjelasan berikut ini akan memberikan gambaran yang lengkap mengenai inflasi kepada Anda. Maka, simaklah dengan baik dan jangan melewatkan satu kata pun.

Pengertian dari Inflasi

Menurut jurnal online Telkom, Inflasi adalah suatu kejadian atau fenomena terjadinya kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dan terjadi secara umum. Dari pengertian tersebut terdapat dua poin penting yang perlu menjadi perhatian.

Poin pertama adalah terjadinya inflasi itu secara terus menerus. Hal ini menyatakan bahwa fenomena inflasi bukanlah fenomena yang terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau sebentar saja. Anda juga bisa menggunakan poin ini sebagai kriteria untuk menentukan apakah suatu fenomena kenaikan harga barang atau jasa termasuk inflasi atau bukan.

Selain mengartikannya pada waktu terjadinya, terus menerus dalam pengertian inflasi juga menyatakan pada dampaknya tersebut akan terus merambah ke bagian lainnya. Sederhananya adalah mempengaruhi naiknya harga barang atau jasa yang berhubungan dengan barang atau jasa yang sudah mengalami kenaikan harga.

Contohnya produk sepatu yang mengalami kenaikan harga. Maka, hal ini juga akan menyebabkan kenaikan harga bahan baku produksi sepatu tersebut. Bisa juga kenaikan pada harga jasa untuk memproduksi sepatu. Sehingga membentuk suatu rantai yang akan terus berkaitan sampai fenomena inflasi teratasi.

Inflasi adalah kejadian yang terjadi secara umum atau dengan kata lain tidak hanya berlaku untuk beberapa jenis barang dan jasa saja. Inilah poin kedua mengenai inflasi yang harus Anda perhatikan dengan baik. Bila Anda menemukan kenaikan harga barang atau jasa terjadi secara merata dan keseluruhan, maka Anda bisa mengatakan terjadi inflasi.

Kedua poin atau karakter dari inflasi ini harus Anda ingat dengan baik. Bila Anda salah menilai suatu fenomena yang terjadi tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik. Karena hal ini akan mempengaruhi tindakan Anda setelahnya.

Dampak yang Disebabkan oleh Inflasi

Inflasi adalah fenomena yang tidak bisa dihindari dengan mudah. Dan bukan pula suatu fenomena yang tidak memberikan dampak negatif. Karena inflasi cakupannya sangat luas dan menyeluruh. Namun, bila Anda mengetahui dampak yang terjadi akibat inflasi akan lebih bagus lagi. Karena Anda bisa melakukan tindakan pencegahan.

Ketika fenomena inflasi terjadi, hal pertama yang terkena dampaknya tentu saja pendapatan dari masyarakat. Karena harga barang dan jasa meningkat secara menyeluruh, maka pendapatan yang seharusnya lebih untuk memenuhi kebutuhan bisa jadi cukup atau bahkan kurang.

Inflasi adalah hal yang selalu menjadi masalah bagi masyarakat, khususnya masyarakat kelas menengah ke bawah. Apalagi bila tidak segera mendapatkan penanganan. Tentu saja efeknya akan semakin meluas dan mencekik masyarakat kelas bawah. Dan yang lebih parahnya akan menimbulkan kerusuhan karena protes masyarakat kelas bawah.

Secara nasional, dampak inflasi akan sangat terasa pada bidang ekspor. Misalnya saja di Indonesia sedang terjadi inflasi, maka sudah pasti barang-barang ekspor dari Indonesia akan meningkat harganya. Hal ini menyebabkan peminat dari barang tersebut menurun karena harganya yang semakin mahal.

Dan barang dari negara-negara lain yang lebih murahlah yang akan laku di pasar internasional. Sehingga dengan demikian perekonomian nasional akan sangat terdampak oleh terjadinya inflasi ini. Maka dari itu, penanganan yang cepat dan tepat terhadap inflasi benar-benar menjadi hal yang penting.

Menariknya inflasi juga menyimpan dampak positif yang bisa menyenangkan debitur dan pebisnis. Dampak positif inflasi bagi debitur adalah bisa mengembalikan modal dari kreditur dengan jumlah yang lebih rendah sesuai dengan nilai uang yang berlaku. Dan bagi pebisnis, modal untuk produksi bisa kembali berlipat ganda karena kenaikan pada harga barang atau jasa.

Penyebab Terjadinya Inflasi

Inflasi adalah fenomena yang terjadi bukan tanpa alasan yang jelas. Meski begitu, proses terjadinya juga membutuhkan waktu. Jadi, ada rentang waktu kejadian penyebab inflasi ini sebelum inflasi benar-benar terjadi secara menyeluruh.

Oleh karena itu, ketika Anda merasa penyebab dari inflasi mulai terjadi, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak terdampak terlalu parah. Memang benar bila Anda tidak bisa mencegah seratus persen dampak buruknya. Tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan, bukan?

Inflasi adalah fenomena yang terjadi berawal dari tingginya permintaan barang atau jasa. Ketika suatu barang atau jasa banyak yang mengincar, maka ketersediaan barang atau jasa tersebut akan cepat habis. Selain itu juga, stok barang yang ada di produsen tidak mampu mencukupi semua permintaan yang masuk.

Dan ketika barang atau jasa tersedia, tidak jarang terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini juga menyebabkan harga bahan baku produksi naik sehingga ada kemungkinan harga barang atau jasa semakin meroket.

Inflasi adalah fenomena yang bisa dengan mudah terjadi karena jumlah uang yang ada di masyarakat banyak. Semakin banyak uang yang beredar di masyarakat, maka akan semakin meningkat pula daya beli masyarakat. Hubungannya terdapat pada stok barang menipis yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga.

Siklus seperti inilah yang menyebabkan terjadi fenomena inflasi. Jadi, pada dasarnya fenomena inflasi ini memiliki penyebab yang kompleks dan saling berkaitan. Untuk menghentikan terjadinya inflasi, maka harus menghentikan siklus penyebab inflasi ini.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian inflasi, dampak dari inflasi, dan penyebab terjadinya inflasi. Inflasi adalah hal yang tidak bisa Anda pandang sebelah mata, bukan? Maka dari itu, sekarang Anda bisa menyiapkan strategi yang bisa melindungi bisnis Anda dari inflasi. (*)