by

Yuk Ketahui Tips Memancing Ikan Nila di Waduk

KOPI, Nganjuk – Ya, ikan nila yang menjadi satu diantara dari beberapa ikan konsumsi ini menjadi ikan yang terbanyak peminatnya di Indonesia. Disamping itu, ikan ini mempunyai harga jual yang tinggi karena kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Hal tersebut adalah alasan mengapa ikan nila banyak dicari beberapa pemancing. Memancing ikan nila mempunyai kesan tertentu, karena umumnya sekali berhasil menangkapnya, selanjutnya akan begitu juga. Nach, untuk memancing nila rupanya mempunyai trik khusus loh, simak pembahasan berikut:

Tips Memancing Ikan Nila di Waduk

Sebetulnya, memancing ikan nila termasuk gampang. Karena ikan ini dikenal sebagai ikan yang rakus. Walau pada keadaan kenyang, ikan nila masih doyan makan. Disamping itu, ikan ini tergolong tipe ikan nila omnivora (pemakan segala) maka dari itu semua makanan selalu dilahapnya.

Tetapi supaya sukses memperoleh ikan ini, Anda memerlukan tips memancing ikan nila seperti berikut.

1.      Perhatikan Umpan

Sama seperti yang telah saya singgung di atas, ikan ini sebagai tipe ikan omnivora yang sanggup makan semua tipe umpan ikan nila, ntah itu cacing, laron, pelet, talas, sampai lumut. Tetapi, dari sekian umpan tersebut, yang terbaik dipakai ialah lumut. Ditambah lumut yang di campur dengan vanilla atau Essen, akan lebih baik dibandingkan umpan yang lain.

Lumut sendiri dibagi jadi dua yakni lumut kasar dan lumut halus, dan Anda dapat memakai satu dari ke-2 itu. Lumut kasar cenderung disukai ikan nila yang besar, tetapi lumut kasar cukup sulit dikaitkan pada kail pancing. Sedang lumut halus cenderung disukai ikan nila yang kecil.

2.      Lihat Mata Pancing

Selainnya umpan, ukuran dan rangkaian mata pancing penting diingat saat memancing ikan nila. Ukuran pancing dapat menentukan ukuran ikan yang kita pancing. Oleh karenanya, saat sebelum memancing baiknya cari informasi mengenai berapa besar ukuran ikan di spot waduk pancing itu. Misalkan saja, menanyakan ke pengurus waduk ikan, atau menanyakan ke orang yang kerap memancing di spot itu.

3.      Pilih Lokasi

Bila Anda memancing di kolam pemancingan ikan nila kemungkinan tidak ada tehnik khusus karena itu. Tetapi, bila Anda memilih untuk memancing di Alam bebas seperti Danau, Sungai, Waduk, atau yang lain cari sumber air yang tak pernah kering selama bertahun tahun. Umumnya, tempat itu jadi komunitas ikan nila.

4.      Memakai Tehnik Khusus

Bila Anda memakai umpan dari hewan seperti cacing, laron, tawon, atau yang lain tak perlu memakai tehnik. Tetapi, bila memakai umpan dari tumbuhan seperti kangkung dan lumut, saya anjurkan sebelumnya untuk membuat rumpon buatan.

Triknya lumayan gampang, ikatlah tumbuhan yang dipakai sebagai umpan sekitar 4 sampai 6 batang menggunakan kenur. Kenur agar lebih panjang dari kedalaman air agar tali dapat mengambang. Langkah ini sering dipakai pemancing handal untuk memancing ikan nila.

Dengan ke-4 panduan di atas, Anda dapat memperoleh ikan nila lebih gampang. Semoga membantu permasalahan Anda saat memancing ikan nila.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA