by

Wakil Ketua MPR RI Dorong Kakao sebagai Branding Kabupaten Jembrana

KOPI, Jembrana – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Fadel Muhammad, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana. Kehadiran Wakil Ketua MPR RI disambut langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Jumat (6/08/2021), berlangsung di Rumah Dinas Bupati Jembrana.

Selain Bupati Tamba, turut pula dihadiri Pj. Sekda I Made Budiasa, berserta Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Fadel Muhammad bertatap muka langsung dan  berdiskusi bersama dengan Perwakilan Petani, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sektor Pertanian di Kabupaten Jembrana. Fadel Muhammad berharap agar Kabupaten Jembrana fokus pada tanaman Kakao (Coklat) sebagai Branding di Kabupaten Jembrana.

Beliau menilai bahwa Kakao yang berasal dari Kabupaten Jembrana sangat terkenal dengan kualitas bagus dan produksi yang sangat besar. Menurutnya banyak hal yang harus kita lakukan serta tindaklanjuti terkait hasil diskusi bersama Bupati Jembrana beserta Jajarannya, serta aspirasi para Petani Kakao dan akan saya teruskan ke Menteri yang membidangi di Jakarta.

Secara kebetulan saya merupakan Ketua Masyarakat Agro Industri (MAI) yang membawahi seluruh provinsi. “Ini akan Saya bawa ke tingkat nasional. Potensi yang Saya lihat untuk dijadikan sesuatu untuk diolah dan secara langsung saya akan mengawal ini ke Menteri Pertanian RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua MPR RI mendukung potensi Kabupaten Jembrana yang sangat luar biasa yaitu di Sektor Perikanan dan Pariwisata. Bupati Tamba, merencanakan akan menciptakan sebuah sejarah baru yaitu, Tibu Kleneng.

Lebih lanjut mantan Gubernur Provinsi Gorontalo 2 periode tersebut menyarankan saat ini yang digarap terlebih dahulu adalah Bidang Pertanian yaitu Coklat dan Perikanan. Kedua sektor ini merupakan program utama dan sudah mendapat perhatian pemerintah pusat.

Tahap selanjutnya yang digarap adalah Sektor Pariwisata, dikarenakan akan adanya pembangunan tol dan juga Pelabuhan Udara di Buleleng. Beliau mengaku optimis ke depannya bahwa Kabupaten Jembrana akan maju dan hebat, dan inilah masa depan Indonesia.

“Kabupaten Jembrana ini, merupakan Pulau Bali yang berada paling barat yang berbatasan dengan Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jatim. Dengan jumlah penduduk 35 juta orang, dapat dibayangkan bahwa potensi orang lokal datang sangat besar,” tandas Wakil Ketua MPR RI.

Selain itu visi atau mimpi besar yang disampaikan Bupati seperti yang sudah dijabarkan, menurutnya sesuatu yang realistis untuk dilaksanakan. “Kabupaten Jembrana bisa bangkit di tengah masa pandemi Covid-19, saya kira karena adanya dukungan di Sektor Pertanian dan Perikanan. Kabupaten Jembrana mempunyai produksi Padi yang bagus, hal ini merupakan potensi lainnya dari Jembrana. Sekali lagi Saya sangat optimis bahwa Kabupaten Jembrana akan menjadi kabupaten yang maju dan sangat potensial,” terang Fadel Muhammad.

Sementara itu, Bupati Tamba, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Ketua MPR RI di Kabupaten Jembrana. Bupati Tamba mengatakan untuk potensi Kabupaten Jembrana bertumpu pada Sektor Pertanian dan Kelautan.

Salah satunya Kakao Jembrana yang memang saat ini menjadi komoditi unggulan Pemkab Jembrana. “Terima kasih atas kunjungan kerja Bapak Wakil Ketua MPR RI ke Kabupaten Jembrana, semoga dalam kunker ini dapat menginspirasi kita semua. Khususnya belajar dari pengalaman beliau, serta membawa dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Jembrana,” pungkasnya.(Humas/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA