by

Hari suci Saraswati, Wabup Patriana Krisna Sembahyang di Pura Niti Praja

KOPI, Jembrana – Hari Aji Saraswati saat ini bertepatan dengan Rahina Kajeng Umanis, Wuku Watugunung, Sabtu (28/08/2021), yang merupakan hari suci bagi umat Hindu yang jatuh setiap enam bulan sekali ini. Persembahyangan hari suci Saraswati dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan.

Acara tersebut dihadiri Wabup Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, bersama Istri Ny. Inda Swari Dewi Patriana; Sekretaris Daerah (Sekda), I Made Budiasa; Asisten dan Pimpinan OPD; hadir sekaligus ngaturang sembah bhakti dalam pelaksanaan persembahyangan turunnya hari suci Saraswati, di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana.

Persembahyangan dituntun oleh Pemangku, I Gusti Ketut Wasa, berjalan khusuk dan khidmat. Dikarenakan situasi Pandemi Covid-19, Persembahyangan dilaksanakan secara terbatas.

Usai persembahyangan, Wabup Patriana Krisna, mengatakan bahwa, Persembahyangan yang dilakukannya merupakan wujud bhakti kehadapan Ida Hyang Sesuhunan yang berstana di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana. ”Hari Aji Saraswati bagi kita Umat Hindu dirayakan setiap enam bulan sekali. Meski demikian, saat ini tentu kita tahu bersama bahwa bangsa kita sedang dihadapkan dengan masa-masa sulit dampak dari pandemi Covid-19. Maka dari itu pemedeknya kita batasi dan kita atur sesuai Prokes,” ujar wabup Patriana Krisna.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna juga berharap, semua umat agar bersama-sama berdoa dan berbuat agar Pandemi Covid-19 segera berakhir. “Dihari suci umat Hindu ini saya berharap, Krama umat secara bersama-sama Ngerestiti Bhakti (berdoa) kehadapan Ida Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Dewi Aji Saraswati agar kita diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan. Tidak saja krama umat Hindu saja, kami yakin kalau semua umat di muka bumi ini selalu berdoa kehadapan-Nya agar bangsa kita segera keluar dari masa sulit ini,” harap Wabup Patriana Krisna.

Selain itu wabup Patriana Krisna, juga mengajak segenap masyarakat saling bahu membahu dan bergotong royong dalam berjuang melawan pandemi Covid-19. “Kita tidak bisa menyelesaikan sendiri, dan kita harus saling bersinergi, mari kita bersama-sama mentaati dan patuhi Prokes,” pungkasnya. (Humas/AM)

Editor: NJK