by

Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Tamba Lakukan Sidak di Desa Pengambengan

KOPI, Jembrana – Desa Pengambengan menjadi atensi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, dalam hal masih rendahnya capaian vaksinasi di desa tersebut yang baru terealisasi 54,53 persen. Sebelumnya, pada Minggu (1/08/2021) Bupati Tamba telah memberikan sosialisasi kepada para pemilik perahu yang ada di desa Pengambengan, hari ini orang nomor satu di Bumi Mekepung ini melaksanakan sidak ulang tentang pelaksanaan vaksinasi di Kantor Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, senin (2/08/2021).

Untuk memastikan warga yang belum divaksinasi datang ke tempat pelayanan vaksinasi, Bupati Tamba bersama Pj. Sekda I Made Budiasa, serta para asisten Setda langsung melakukan sidak di lokasi pelayanan vaksinasi Covid-19. Meski disertai hujan gerimis, terlihat warga masyarakat silih berganti memasuki ruang pelayanan yang ada di selatan Kantor Balai Desa Pengambengan termasuk salah satu Kepala Dusun yang ada di desa setempat.

Kehadiran pejabat di tingkat dusun, usai mengikuti vaksinasi sempat di warning, oleh Bupati Tamba yang berasal dari Desa Kaliakah itu. ”Wah ini pak Kadus baru datang dan sekaligus ikut divaksin. Bagaimana kalau seorang Kadus saja belum divaksin. Sebagai pemimpin sekaligus figur di dusun seharusnya bisa memberikan contoh. Apa jadinya masyarakat kalau pak Kadus sendiri belum divaksin Covid-19,” ujar Bupati Tamba.

Dengan tervaksinnya Kadus, Bupati Tamba minta agar sosialisasi dilakukan lebih gencar kepada warga masyarakatnya. ”Sekarang pak Kadus sudah divaksin, namun saya berharap kepada saudara lebih gencar lagi untuk mensosialisasikan kepada warga di dusunnya. Hal ini sangat penting agar semua warga masyarakat bisa divaksinasi Covid-19,“ tegas Bupati Tamba.

Sementara Perbekel (Kades) Desa Pengambengan, Khamaruzzaman mengaku sasaran sebanyak 9.689 orang, warga yang seharusnya tervaksinasi, namun baru terealisasi sebanyak 5.231 orang. ”Per  tanggal 28 Juli 2021, dengan persentase sebesar 54,53 persen. Data tersebut tentu akan bisa berubah karena beberapa hari yang lalu desa kami usai dikunjungi oleh Bapak Menteri KKP,” ujar Kamaruzzaman.

Kades juga mengaku, bahwa pihaknya selalu melakukan sosialisasi bersama para tokoh masyarakat dan tokoh agama. ”Kami akan gencarkan lagi sosialisasi kepada masyarakat Desa Pengambengan. Selain itu juga kami akan lakukan pemantauan khusus kepada warga pendatang di Desa Pengambengan bersama Satgas desa. Jika ada yang belum tervaksinasi akan kami lakukan tindakan cepat,” ucap Kades Kamaruzzaman (Hms/AM).

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA