by

Syarat Laboratorium Uji Material

KOPI, Jakarta – Untuk memproduksi sejumlah produk, ada kalanya sebuah perusahaan industri hendaknya melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap sejumlah material yang dibutuhkan untuk proses produksi tersebut. Terutama bagi material yang berbahan logam. Maka dari itu, adanya laboratorium uji material merupakan solusi yang tepat untuk melakukan sejumlah pengujian tersebut.

Namun bagaimana cara memakai jasa pengujian material ini ? Dan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi, jika ingin memakai jasa ini ? Dalam artikel kali ini, akan diulas mengenai hal tersebut. Yuk simak pembahasannya berikut ini !

Apa Itu Laboratorium Uji Material?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sebelum dilakukan proses produksi. Hendaknya perusahaan industri tersebut melakukan sejumlah pengujian untuk menentukan kualitas dari sejumlah material yang akan digunakan.

Selain bisa mendeteksi kualitas dari sejumlah material tersebut. Pegujian ini juga bertujuan untuk mendeteksi komposisi serta kemampuan dari setiap material tersebut. Maka dari itu, untuk memudahkan proses tersebut, sebagian besar perusahaan menyerahkan sepenuhnya proses pengujian material tersebut ke pihak laboratorium uji material.

Pihak laboratorium ini akan melakukan pengujian material berupa uji tarik, uji bending, impact dan pengujian lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan dan layanan dalam pengujian tersebut, akan dibahas secara terperinci dalam ulasan di bawah ini.

Jasa Laboratorium Uji Material Terpercaya dengan Layanan Terbaik

Salah satu laboratorium uji material terbaik, yang banyak direkomendasikan oleh sebagian perusahaan industri yaitu Detech Profesional Indonesia. Jasa pengujian material yang lebih dikenal dengan PT Detech ini, memfokuskan diri dalam pengujian material berupa logam. Baik itu material logam ferous maupun non ferous.

Dalam setiap pelayanannya, jasa laboratorium pengujian material terbaik ini selalu berupaya untuk meningkaykan pembangunan infrastruktur, perbaikan kualitas, serta perkembangan Sumber Daya Manusia. Khususnya dalam pelayanan pengujian material yang berbahan logam ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja layanan yang diberikan oleh PT Detech  ini. Berikut beberapa diantaranya,

1. Jasa Pengujian Impact

Dalam pengujian ini, PT Detech menerapkan metode yang dikenal dengan Charpy Impact Test. Pengujian Impact material dengan metode ini dikenal memiliki kapasitas pendulum yang memiliki kemampuan dalam membaca energi, bahkan hingga 300 joule.

2. Jasa Uji Tarik

Selain melakukan pengujian impact, laboratorium uji material ini juga memberikan layanan jasa uji tarik. Pengujian ini dilakukan untuk mendeteksi mengenai kualitas material logam. Seperti kekuatan tarik maksimum, kemuluran, keuletan serta kekuatan luluh dari sejumlah material yang diuji.

3. Jasa Pengujian Bending

Pengujian bending atau yang dikenal juga dengan uji tekuk, dilakukan dengan menempatkan material dengan cara ditekuk pada alat khusus. Tujuannya tentu saja, agar material yang diuji tersebut bisa dibentuk menjadi sudut tertentu.

Selain yang telah disebutkan di atas, laboratorium uji material Detech ini juga memberikan layanan pengujian material lainnya. Seperti Tensile Test, Hardness Vickers Test, Nick Break Test, Macro Examination, Microstructure, Chemical Analysis, serta layanan pengujian Fillet Weld Break Test atau yang dikenal dengan Fracture Test.

Syarat Memakai Jasa Laboratorium Uji Material Detech

Untuk memakai jasa PT Detech sebagai jasa laboratorium dalam pengujian material yang bisa Anda percayai. Anda tetunya akan disarankan untuk memenuhi sejumlah persyaratan administrasi yang meliputi,

  • Surat Permohonan Pengujian. Untuk pembuatan surat permohonan ini, bisa dibuat sendiri oleh perusahaan
  • Berita Acara Pengambilan Sampel. Syarat ini diperlukan bagi perusahaan yang melakukan pekerjaan/pengujian secara paket/kolektif
  • Penyerahan Material yang Akan Diuji. Dalam proses ini, pemohon, dalam hal ini perusahaan industri maupun kontraktor yang disertai dengan konsultan diharuskan untuk hadir
  • Formulir Kecukupan Penerimaan Contoh Uji, serta
  • Formulir Permintaan Pengujian

Nah, itu dia beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk memakai jasa laboratorium uji material dari PT Detech ini. Dengan dilengkapinya berbagai persyaratan tersebut. Pastinya akan membuat proses pengujian akan berlangsung dengan lancar.

Untuk menjamin kualitas serta kemampuan dari setiap material logam yang digunakan. Pengujian material memang harus dilakukan. Selain untuk menjamin kualitas dari setiap produk yang dihasilkan. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mempengaruhi reputasi perusahaan industri tersebut di masa mendatang.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA