by

Aplikasi Setting Jam Digital Masjid

KOPI, Jakarta – Perkembangan teknologi memang berimbas pada semua elemen, tak terkecuali untuk rumah ibadah. Hal tersebut terbukti dengan adanya aplikasi setting jam digital masjid. Tentu ini menjadi sebuah kecanggihan yang dapat membantu waktu shalat secara otomatis pastinya.

Langkah Menjalankan Aplikasi Setting Jam Digital Masjid

Pada dasarnya, setiap produsen jam digital masjid memiliki remotenya masing-masing. Itulah mengapa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi sesuai Merknya. Meskipun berbeda, namun cara menjalankan sama saja dan berikut ulasannya.

1. Cara Menjalankan Aplikasi Setting Jam Digital Masjid Android

Salah satu kecanggihan yang bisa Anda rasakan adalah mengatur jam digital hanya dengan melalui Android. Namun, sebelumnya selaraskan terlebih dahulu antara aplikasi dengan jamnya. Karena, tidak semua remote ter-sinkronisasi oleh platform yang ditentukan.

Setelah Anda mengunduh aplikasinya melalui playstore, sambungkan ke SSID dan masukan nama masjidnya. Jika sudah Login, akan terdapat berbagai informasi serta fitur platform. Apabila ingin menyetingnya, pilihlah opsi lalu sesuaikan dengan jadwal yang berlaku. Namun apabila Anda mencari toko yang jual jam digital masjid, Anda bisa mendapatkannya sekarang di sana.

2. Cara Menjalankan Aplikasi Setting Jam Digital Masjid WiFi

Selain melalui Android, ada beberapa jam digital masjid yang dapat terakses menggunakan sambungan wifi. Pada dasarnya, dalam metode ini tak begitu berbeda dari lainnya, hanya saja bukan memanfaatkan sinkronisasi aplikasi, melainkan jaringan wifi.

Cara cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan wifi melalui smartphone. Kemudian, carilah nama produsen atau Merk jam digital masjid tersebut. Lalu, sinkronkan antara handphone dengan jam. Jika sudah tersambung, maka tinggal tekan tombol OK.

3. Cara Menjalankan Aplikasi Setting Jam Digital Masjid Running Text

Running text merupakan salah satu fitur yang tersedia pada jam digital masjid kebanyakan. Tentu Anda dapat mengubahnya secara gampang. Cara settingnya bisa melalui aplikasi jam digital tersebut ataupun via sambungan jaringan wifi.

Oleh karena itu, pada saat membeli jam digital, tanyakan terlebih dahulu perihal SSID serta passwordnya. Untuk mengubah Running Text, masuklah ke dalam aplikasinya lalu pilih opsi “Running Text”. Jika sudah, ubah Text sesuai keinginan serta kecepatan atau durasinya.

Alasan Mengapa Menggunakan Aplikasi Setting Jam Digital Masjid

Diera seperti saat ini, tentu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memanfaatkan kecanggihan teknologi. Itulah mengapa penggunaan aplikasi setting jam digital masjid pun perlu dipertimbangkan guna memudahkan banyak hal. Berikut beberapa keuntungannya.

1. Menunjukkan Waktu Sholat Secara Otomatis

Keutaman dari penggunaan jam digital masjid tentu untuk bisa menunjukkan waktu sholat secara otomatis. Dengan begitu, Anda tak perlu repot mencari informasi mengenai jadwal sholat yang berubah-ubah setiap bulannya. Karena semuanya sudah tersetting otomatis.

Jam digital sudah terdapat sebuah sistem otomatis guna menyinkronkan jadwal sholat. Bahkan, hal ini selaras dengan semua waktu seluruh Indonesia ataupun dunia. Jadi, pengguna hanya perlu mensetting penggunaan Zona waktu agar sesuai dengan daerahnya.

2. Terdapat Kalender Digital

Sama halnya seperti jadwal sholat, jam digital masjid juga memiliki kecanggihan lainnya yaitu kalender digital. Fitur ini pun sangat membantu dan memudahkan penggunaan terutama perihal menyelaraskan tanggal hingga tahun. Baik itu format Masehi ataupun Hijriah.

Anda hanya perlu mengaturnya pada awal penggunaan saja. Setelah itu semuanya sudah berjalan secara otomatis dan ketepatannya pun tak perlu diragukan lagi. Selain itu, selalu perhatikan ketersedian baterai jam, karena hal tersebut sangat mempengaruhi sistem jam.

3. Memberikan Informasi Waktu Adzan Otomatis

Jam digital masjid memiliki sebuah keunggulan lain yang tak kalah menarik. Petugas masjid tak perlu mensinkronkan antara jam dengan jadwal adzan secara manual. Pasalnya, semua tugas tersebut sudah terpasang pada jam digital masjid guna menunjukkan waktu adzan.

Biasanya, ketika sudah masuk jadwal adzan jam akan memberikan informasi berupa bunyi alarm. Dengan begitu, petugas bisa langsung bersiap-siap untuk mengumandangkan adzan tanpa harus melihat jadwal terlebih dahulu. Pasalnya, semua telah tersistem otomatis.

4. Mudah dalam Mengaturnya

Kehadiran teknologi tentu bertujuan untuk memudahkan semua urusan, termasuk dalam mengatur waktu. Itulah mengapa, adanya jam digital masjid sangat membantu perihal menentukan jadwal sholat, waktu adzan hingga keperluan lainnya seperti kalender digital.

Dengan semua keunggulannya tersebut, tak membuat jam digital menjadi rumit ketika Anda mengoperasikannya. Terlebih, terdapat berbagai aplikasi guna mengaturnya agar lebih mudah. Pengguna hanya perlu melakukan sinkronisasi antara jam digital dan real time saat itu.

5. Terdapat Fitur Running Text

Jam digital masjid tentu tidak hanya mengenai pengatur waktu sholat, adzan serta kalender saja. Masih ada banyak fitur menarik lainnya yang bermanfaat guna kebutuhan masjid. Running Text menjadi salah satu keunggulan yang perlu Anda pertimbangkan pada jam digital.

Running Text biasanya berfungsi untuk memberikan berbagai informasi mengenai kegiatan ataupun pengumuman lainnya. Hal tersebut bertujuan agar jamaah dapat mengetahuinya dengan membacanya langsung. Itulah mengapa fitur Running Text sangat membantu.

6. Terdapat Fitur Alarm

Fitur lainnya yang terdapat pada jam digital masjid adalah alarm. Cara kerja fitur tersebut sama seperti alarm umumnya, yaitu guna mengingatkan. Terlebih, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dan tak hanya berlaku untuk jadwal sholat atau adzan saja.

Apabila masjid memiliki kegiatan pada waktu tertentu, maka Anda bisa memanfaatkan alarm tersebut. Petugas hanya perlu mengaturnya melalui aplikasi yang sudah disesuaikan dengan Merk dari produsen jam digital masjid.

Itulah tadi pembahasan mengenai aplikasi setting jam digital masjid beserta beberapa keuntungan dari penggunaannya. Setidaknya, dengan Anda menggunakan teknologi tersebut, semuanya akan berjalan secara otomatis. Mulai dari waktu solat hingga ketepatan kalender.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA