by

Kampoeng Djawi Miniatur Bangunan Jawa

KOPI, Jombang – Kampoeng Djawi sebagai pilihan alternatif dalam penyelenggaraan kegiatan outdoor tentu sangat tepat. Bukan hanya sebagai destinasi wisata yang menampilkan keindahan alam pegunungan, namun juga memiliki ciri khas kebudayaan yang kemudian menjadi daya tariknya.

Oleh karenanya dengan mengadakan kegiatan outdoor di Kampung Djawi akan membawa manfaat yang berlebih.

Adapun destinasi andalan Jombang ini memiliki tujuan tertentu yang menggambarkan karakteristik serta nilai tambah bagi para pengunjung. Melalui tujuan-tujuan berikut ini Kampung Djawi sangat direkomendasikan untuk diadakan berbagai macam kegiatan outdoor.

Tujuan Wisata Kampoeng Djawi Ideal Untuk Kegiatan Outdoor
Konsep Arsitektur Dan Budaya Jawa

Dilihat secara fisik maka akan terlihat jelas bahwa lingkungan Kampung Djawi menggambarkan gaya arsitektur dan budaya yang khas dengan Jawa, khususnya Jawa Timur.

Hal ini terpapar pada beberapa bangunannya, mulai dari atap joglo, ukiran dan pernak-pernik khas adat Jawa, hingga beberapa wahana lain seperti gamelan.

Tujuan wisata dengan karakteristik semacam ini sekaligus akan membekali kegiatan outdoor di Kampung Djawi lebih berwarna dengan adanya kebudayaan Jawa. Sehingga secara tidak langsung kegiatan juga dapat bertujuan mengenal adat Jawa melalui perantara Kampung Djawi.

Tempat Refreshing Tempoe Doeloe

Konsep yang dihadirkan di Kampoeng Djawi Wonosalam memang mengandalkan bentuk bangunan dan fasilitas yang berbasis pada tempoe doeloe. Beberapa bangunan seperti pendopo bahkan telah berusia hingga puluhan tahun.

Bagi sebagian pengunjung, dengan nuansa seperti ini akan membawa suasana yang lebih nyaman ketika refreshing di Kampung Djawi.

Pengunjung bisa menikmati suasana sekitar Kampung Djawi sekaligus melihat latar belakang sejarahnya. Kegiatan outdoor yang terselenggara di sini tentu akan mendapat kesan tersendiri daripada di tempat-tempat umum lainnya

Sarana Edukasi untuk Semua Kalangan

Salah satu kegiatan outdoor di Kampoeng Djawi Jombang yang cukup banyak diselenggarakan yaitu kegiatan berbasis edukasi. Lazimnya para penyelenggara ini berasal dari lembaga pendidikan tingkat sekolah hingga perguruan tinggi. Satu contoh kegiatan yang cukup familiar yaitu outbound.

Kampoeng Djawi memiliki beberapa wahana atau sarana pendukung yang bisa digunakan untuk memfasilitasi program edukasi bagi pelajar dan mahasiswa.

Karena memiliki tujuan di bidang edukasi maka dikembangkanlah konsep destinasi yang relevan untuk kebutuhan pendidikan.

Lokasi Pengembangan SDM Berkwalitas

Tidak hanya untuk sarana edukasi, kegiatan outdoor di Kampoeng Djawi juga bisa diperuntukkan untuk pengembangan sumber daya manusia. Setidaknya ada beberapa lokasi dan fasilitas yang berguna untuk tujuan tersebut, seperti ruang pertemuan, flyng fox, panggung teather, arung jeram, dan lain-lainnya.

Sebagai lokasi pengembangan SDM, terdapat beberapa kegiatan yang bisa diselenggarakan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu.

Training atau pelatihan merupakan satu diatara kegiatan pengembangan SDM yang cukup banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan terhadap pegawai/karyawannya.

Ikon untuk Meningkatkan Ekonomi

Kampoeng Djawi adalah satu diantara destinasi wisata di Jombang yang kerap memperoleh dukungan sebagai destinasi pilihan di Jawa Timur. Oleh karenanya Kampung Djawi semakin dikenal oleh masyarakat luas, termasuk para penyelenggara kegiatan outdoor yang berkeinginan memilih Kampoeng Djawi.

Naiknya popularitas dari destinasi ini secara tidak langsung juga meningkatkan kualitas daerah setempat, yaitu kawasan wisata Wonosalam.

Sehingga selain dapat mengunjungi Kampoeng Djawi, wisatawan juga dapat menyusuri daerah-daerah di sekitarnya seperti wisata selo gonggo, banyumili, de durian park, kampung adat segunung, dan villa rosari wonosalam.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA