by

Harga Barang Menjunam, Pengunjung Berdesakan Menjelang Lebaran

KOPI, Malaysia – Suasana Sambutan hari raya idul fitri kian terasa dan tak lama lagi bulan suci ramadhan akan segera usai ,maka sebagian besar warga Malaysia khasnya etnis melayu yang beragama Islam, mulai sibuk membuat persiapan menyambut lebaran dengan menyediakan berbagai macam menu yang akan di hidang di hari lebaran, kabiasaanya mayoritas warga Malaysia akan mengunjungi kompleks pertokoan dan mall mencari dan membeli barang dan kebutuhan lainya , karena kondisi Malaysia yang belum stabil dan masih menerapkan lock down bersarat di beberapa negeri bagian, maka persiapan lebaran di buat lebih awal.

Walaupun Lebaran masih di tengah pandemi, maka Penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah sangat di berikan perhatian serius. umat islam di Malaysia tetap akan menyambut lebaran dengan sangat sederhana, hal ini untuk menyempurnakan hari besar islam tersebut, Dan demi mengurangi penyebaran virus covid 19 yang hingga saat ini masih aktif penularannya, maka warga di himbau agar mentaati protokol kesehatan yang di terapkan oleh pemerintah.

Di beberapa Tempat atau pusat perbelanjaan seperti kompleks dan shoping mall serta toko swalayan sudah mulai sesak dengan pengunjung yang menggunakan waktu Cuti hari buruh internasional dan akhir pekan.

Di kompleks shoping mall Sogo Kuala Lumpur misalnya , para pengunjung datang kian hari kian bertambah, dan kebanyakan masuk ke area kompleks sambil Berdesakan mencari dan mememilih kostum lebaran buat keluarga, agar tidak terjebak macet ketika di jalan raya , pengunjung berangkat sejak pagi dan dalam keadaan berpuasa ia dapat menikmati akhir pekan lebih Santai .

lain halnya di kompleks city mall Kuantan antrian pengunjung yang mengular hingga beberapa Puluh meter, ini akibat Satuan tugas (Satgas) covid 19 menerapkan Prokes ekstra hati hati terutama pemakaian masker dan menggunakan cairan sanitizer serta penjarakan sosial bagi pengunjung yang hadir. namun karena diskaun harga yang murah mayoritas pengunjung datang bersama Keluarga besarnya.

Sudah lazim di Malaysia setiap kali ingin memasuki lebaran harga barangan dasar atau keperluan harian dan pakaian berbagai merk di obral over murah atau Menjunam hingga level bawah, sehingga para pengunjung bisa berbelanja dengan lebih puas, hal ini yang selalu di mamfaatkan Oleh para pengunjung berbelanja sebagai persiapan menjelang lebaran

Ernani, 43 (tahun), salah satu pengunjung, di shoping mall Sogo kuala lumpur, WNI asal Sumenep jawa timur. ia dan rakanya datang mencari koleksi pavoritnya karena bimbang kehabisan stok dan ia sengaja berkunjung di akhir pekan karena masih cuti dan lebih Santai. menurut penjelasan.

Kami coba ngobrol santai, dan ternyata wanita Kuning langsat ini juga mengaku sudah sepuluh tahun berdomisili dan bekerja di Malaysia, jadi menurutnya, tradisi Kunjung mengunjungi antar keluarga yang Lazimnya di lakukan warga Malaysia sudah tidak asing lagi bagi dirinya.

Pemerintah Malaysia masih menerapkan status darurat sipil salah satunya adalah dengan menerapkan larangan Mudik alias balik kampung, penjagaan di beberapa tempat di perketat guna menghambat penyebaran virus covid 19 yang angka penyebaranya kian Mmenurun. (Mag).

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA