by

Malaysia-Bangka Belitung Jajaki Kerjasama Promosi Potensi Olahraga, UMKM dan Pariwisata

KOPI, Pangkalpinang – Malaysia dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjajaki rencana kerjasama promosi potensi di bidang olahraga, seni budaya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Parbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suharto, mengatakan pihaknya baru saja menerima kunjungan kerja Ketua Umum Persatuan Usahawan Tuah Kecil dan Sederhana Kuala Lumpur dan Selangor (Pertuah) Malaysia, Manoji M, Rabu (25/05/2022).

Menurutnya, maksud dan tujuan pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi terkait kerjasama yang akan dilakukan Pemerintah Malaysia dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, melalui Program Pembinaan Jembatan Serumpun ‘Second-Home’ antara Malaysia-Bangka Belitung, Indonesia.

“Melalui program tersebut bertujuan juga untuk mempromosikan potensi Bangka Beliung di bidang olahraga yaitu sepakbola usia dini, seni budaya, UMKM dan pariwisata kepada pemerintah Malaysia,” kata Suharto, dihubungi Kamis (26/05/2022).

Dalam pertemuan itu, kata dia, Dinas Parbudkepora Babel mendukung dan mengapresiasi adanya rencana kerjasama melalui program promosi potensi.

Langkah pertama yang akan dilakukan yakni pengembangan olahraga sepakbola usia dini. Bangka Belitung, sebut Suharto, memiliki potensi bibit pemain sepakbola yang berbakat.

“Saya sangat setuju dengan kerjasama ini. Terimakasih kepada Bapak Manoji yang sudah bergerak terlebih dahulu untuk mencari bakat-bakat pesepakbola di usia dini di Bangka Belitung,” ujarnya.

Ia mengaku bangga karena Bangka Belitung merupakan provinsi di Indonesia yang pertama kali disurvei oleh Pertuah Malaysia, terkait potensi pemain sepakbola.

Ia berharap melalui kesamaan rumpun Melayu antara Bangka Belitung dan Malaysia, pemerintah negeri jiran itu dapat membantu dan mendukung potensi yang dimiliki Babel. Apalagi, lanjutnya, hasil pertemuan tersebut akan dilaporkan kepada Pemerintah Malaysia.

“Semoga hasilnya nanti positif,” harap Suharto.

Kepala Disparbudkepora Bangka Belitung Indonesia, Suharto, menyerahkan cinderamata kepada Ketua Umum Pertuah Malaysia, Manoji M. (Foto: reza)

Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Bangka Belitung ini menambahkan, guna mewujudkan program awal kerjasama bidang olahraga akan dilaksanakan pertandingan persahabatan sepakbola usia 17 tahun antara tim Kota Marudu, Sabah Malaysia dengan Tim Provinsi Babel.

“Akan ada pertandingan persahabatan pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Belitung Timur pada November mendatang,” tuturnya.

Diketahui sebelum melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Babel, Pertuah Malaysia telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Konsulat Malaysia, dan PSSI di Jakarta. Selanjutnya mereka akan melakukan koordinasi ke Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan pertemuan dalam rangka kunjungan kerja tersebut dihadiri Ketua Yayasan Petuah Nusantara Bangka Belitung Chendra Lesnawati, perwakilan KONI Babel, Asprov PSSI Babel, Kabid Olahraga Disparbudkepora Babel Harun, serta pejabat lainnya.

Di akhir kegiatan dilakukan pemberian cinderamata dari Kepala Disparbudkepora Babel Suharto kepada Ketua Umum Organisasi Internasional Pertuah Malaysia, Manoji M, diakhiri foto bersama. (rz/*ism)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA