by

Tokoh Pemuda Jakbar Harapkan Pengganti Kapolri Harus Mengayomi Masyarakat

KOPI, Jakarta – Tokoh Pemuda Jakarta Barat, Umar Abdul Aziz, menyampaikan bahwa dengan selesainya masa tugas Kaporli Jenderal Pol Idham Azis pada 1 Febuari mendatang, dirinya berharap pengganti Kapolri yang akan dipilih Jokowi nanti harus benar-benar bisa mengayomi masyarakat Indonesia. “Siapapun itu, sosok Kapolri harus benar-benar bisa mengayomi semua elemen masyarakat Indonesia, agar terwujudnya rasa aman. Dan juga calon Kapolri harus memberikan jaminan kepastian hukum kepada masyarakat. Terlebih terhadap isu-isu yang berkembang liar saat ini, Kapolri harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Umar, Kamis (14/1/2021).

Umar juga berharap kepada Kapolri baru nantinya, harus berjiwa demokratis, menjamin kebebasan bagi masyarakat untuk berpikir dan berpendapat. “Bagaimanapun bangsa ini memerlukan Kapolri yang mampu wewujudkan harapan masyarakat dan bukan hanya mampu mewujudkan keinginan satu orang, satu golongan atau kelompok tertentu,” imbuh Umar berharap.

Dirinya menambahkan, masalah yang dihadapi Polri sekarang ini tidak bisa disamakan dengan era Kapolri sebelumnya. Saat ini, bangsa Indonesia sangat berat menghadapi isu ideologi, agama, radikalisme, sparatisme, dan terorisme. “Artinya, sikap, prilaku, kinerja, dan strategi jajaran kepolisian jangan sampai menimbulkan masalah baru, yang bisa menjadi penghambat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelasnya.

Dia menegaskan, siapapun Kapolri baru yang menjadi pilihan Presiden harus mampu menjawab dan menerapkan strategi terbaik dalam memimpin. “Calon Kapolri harus bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, dan transparan. Juga bisa memberikan rasa aman dan memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan untuk masyarakat supaya Polri lebih dipercaya masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Umar mengatakan, pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, tidak ada masalah di tubuh Polri, meskipun Sigit adalah Komjen junior. “Semua harus solid dan saya juga mendukung (pencalonan Sigit – red),” pungkasnya. (AMR/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA