by

PDL dan PDH, Apa Perbedaannya?

KOPI, Jakarta – PDL dan PDH merupakan pakaian yang umum digunakan di lingkungan kerja dan masing-masing jenis pakaian ini memilki bahan serta fungsinya sendiri. Namun, meski sekarang PDL dan PDH sudah umum digunakan oleh para pekerja, ternyata masih banyak orang yang belum tahu apa perbedaan dari kemeja PDL dan PDH karena belum tahu betul seluk beluk bahan dan fungsinya.

Oleh karena itu kali ini saya akan membahas apa saja perbedaan mendasar antara PDL dan PDH ini, tapi sebelum itu akan saya bahas juga pengertian masing-masing PDL dan PDH ini agar Anda paham mengapa kedua pakaian tersebut berbeda meski sama-sama pakaian yang sering digunakan di lingkungan kerja.

Apa Itu PDL?

PDL adalah pakaian yang sering digunakan untuk aktivitas kerja di luar ruangan dan seperti namanya PDL = Pakaian Dinas Lapangan, pakaian ini memang ditujukan untuk aktivitas luar ruangan.

Karena ditujukan untuk aktivitas di lapangan maka PDL dibuat menggunakan bahan yang kuat dan tebal.

Apa Itu PDH?

Seperti namanya PDH = Pakaian Dinas Harian adalah pakaian yang dibuat untuk aktivitas kerja di dalam ruangan dan umumnya PDH ini memang digunakan oleh para pekerja sebagai pakaian kerja khusus dalam ruangan saja.

PDH ini ditujukan untuk pemakaian dalam ruangan, oleh karena itu bahan yang digunakan lebih tipis daripada bahan PDL dan lebih mengutamakan unsur kenyamanan.

Perbedaan Mendasar Antara PDL dan PDH

Setelah membaca pengertian PDL dan PDH di atas, temtunya Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai perbedaan antara kedua pakaian tersebut.

Yap perbedaan keduanya tidaklah banyak, yang paling membedakan keduanya adalah bahan yang digunakan berbeda dikarenakan masing-masing pakaian harus dibuat menggunakan bahan yang mampu membuat masing-masing pakaian menjalankan fungsinya dengan baik.

Contohnya Kemeja PDL menggunakan bahan American Drill Bulltop yang tebal dan kuat, lalu kemeja PDH menggunakan bahan American Drill Verlando yang sifatnya formal, nyaman, serta elegan.

Selain bahan di atas, ada juga beberapa bahan lainnya yang sering digunakan oleh konveksi baju untuk membuat PDL dan PDH seperti Nagata Drill, Valextra Canvas, Marsoto, Taipan Drill, dan beberapa bahan lainnya.

Itulah dia perbedaan mendasar antara pakaian dinas harian dengan pakaian dinas lapangan, sebenarnya ada beberapa perbedaan lain yang sifatnya tidak begitu mendasar seperti adanya tali pengait dan lencana atau skoder pada kebanyakan kemeja PDL, perbedaan-perbedaan semacam ini ada karena masing-masing PDL dan PDH dirancang agar bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

Penutup

Demikian pembahasan singkat kali ini mengenai perbedaan mendasar antara pakaian PDL dan PDH. Semoga artikel kali ini bisa memberikan Anda sedikit pengetahuan baru. Apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, mohon untuk dimaafkan.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA