by

Jenis-jenis Seragam Kerja Lapangan dan Penjelasannya

KOPI, Jakarta – Seragam adalah pakaian standar yang dipakai oleh semua anggota sebuah organisasi atau perusahaan yang ditujukan untuk meningkatkan profesionalitas, keserasian, dan semangat kerja. Salah satu fungsi penting dari seragam adalah untuk membedakan karyawan dengan klien dan pengunjung sehingga lebih memudahkan dalam memanajemen karyawan yang sedang bekerja.

Jenis-jenis seragam kerja sendiri ada berbagai macam, tentu kita sudah sering melihat adanya perbedaan jenis seragam kerja yang digunakan oleh sebuah perusahaan satu dengan perusahaan lain, apalagi jika kedua perusahaan tersebut bergerak di bidang yang berbeda. Lalu, apa saja jenis seragam kerja yang biasanya digunakan oleh para karyawan ketika bekerja? Simak jenis-jenis seragam kerja dan penjelasannya di bawah ini.

1. Rompi Safety

Rompi safety adalah salah satu jenis seragam kerja yang merupakan Alat Pelindung Diri (APD). Rompi Safety biasanya digunakan oleh para pekerja seperti pekerja tambang, operator kendaraan, pekerja operasi gudang, pekerja pemeliharaan jalan, polisi, pekerja parkir, dan lain-lain.

Rompi Safety terbuat dari bahan polyester yang sudah dirancang khusus dan dilengkapi dengan sebuah pemantul cahaya atau reflektor sehingga rompi safety bisa digunakan di siang dan malam hari.

2. Jaket Kerja Lapangan

Jaket kerja biasanya ini biasanya didesain berkantung banyak dengan tujuan agar lebih berfungsi maksimal untuk membawa atau menyimpan peralatan-peralatan yang dibutuhkan si pemakai. Jaket kerja ini umumnya dibuat dari bahan yang susah sobek dan tahan dari segala cuaca serta water repellant atau tahan air, terutama bagi pekeeja yang aktivitas pekerjaannya berhubungan dengan air, minyak, atau sejenisnya.

3. Kemeja Kerja Lapangan

Kemeja kerja lapangan merupakan seragam kerja lapangan yang biasanya ditujukan bagi para pekerja lapangan yang pekerjaannya berkaitan dengan banyak peralatan. Seragam kerja lapangan biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah sobek serta memiliki kekuatan dan kerapatan jahitan yang baik, hal tersebut mengingat pekerja lapangan selalu berkaitan dengan berbagai macam peralatan kerja.

Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kemeja kerja lapangan adalah bahan yang kuat dan susah robek seperti bahan drill berkualitas baik, jeans, kanvas atau bahan lain yang memiliki tekstur mirip.

Kemeja kerja lapangan merupakan seragam kerja yang paling sering digunakan oleh para pekerja karena sifatnya yang nyaman saat digunakan dan banyak jenis pekerjaan yang menggunakan seragam kerja jenis ini, selain itu kemeja kerja lapangan juga dapat dengan mudah dipesan di berbagai konveksi seragam kerja.

4. Wearpack

Wearpack merupakan seragam kerja lapangan yang memiliki desain yang menggabungkan atasan dan bawahan menjadi satu, wearpack ini biasanya digunakan oleh para pekerja industri pertambangan, teknik konstruksi alat berat, otomotif, perminyakan dan yang sejenisnya. Karena ditujukan untuk pekerja di industri pertambangan, perminyakan, dan yang sejenisnya, wearpack menggunakan bahan yang kuat seperti denim/jeans dan kain drill.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis seragam kerja lapangan yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Apabila ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf, sekian yang bisa saya sampaikan dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA