by

Tidak Diperhatikan Pemkab Langkat, Gedung SDN 056642 Kampung Baru di Pangkalan Susu Nyaris Ambruk

KOPI, Langkat – Sangat miris jika melihat dan masih adanya bangunan Sekolah Dasar (SD) yang rusak parah di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatara ini, yang Nyris Ambruk.  

Gedung Sekolah itu adalah milik SD Negeri (SDN) 056642 Kampung Baru, Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumut. Kondisinya sangat memprihatinkan, dengan kerusakan yang cukup parah dan tidak layak untuk proses belajar mengajar.

Informasi dirangkum PEWARTA INDONESIA, Senin (24/8/2020), kerusakan terlihat di tiga ruang kelas belajar (RKB), hingga tidak bisa digunakan lagi dalam proses belajar mengajar. 

Terlihat kondisi lantai yang rusak parah, atap seng yang bocor, daun jendela dan dinding hancur, termasuk mobiler, seperti bangku dan meja tidak layak dipakai. Kuda-kuda bangunan di SDN itu juga nyaris ambruk, serta asbes yang sudah berjatuhan. Hal itu menunjukkan bangunan tersebut sudah dimakan usia dan tidak tersentuh pembangunan oleh Pemkab Langkat.  

Namun disayangkan, dan menjadi tanda tanya, kenapa bangunan ini tidak pernah tersentuh perbaikan atau pembangunan oleh Pemerintah Langkat. Padahal,  hampir setiap tahunnya, ada pembangunan/perehapan perbaikan sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Langkat, tapi kenapa sekolah ini tidak di utamakan dan ada apa ini..?  

Kerusakan bangunan bermaterial kayu terjadi karena faktor usia. Ditambahlagi tidak adanya perbaikan yang dilakukan, di 3 RKB tersebut nyaris ambruk.

Daud (35), salah seorang wali murid di sekolah tersebut mengatakan, kondisi kerusakan sekolah ini,  terparah sudah berjalan lebih kurang dua tahun lalu, dan tidak ada upaya perbaikan.

“Gedung sekolah ini tidak dapat dipakai lagi dalam proses belajar mengajar, ” sebut Daud, sebagai wali murid, berprofesi sebagai nelayan tradisional setempat.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sebelum merebaknya isu Covid-19, para siswa terpaksa belajar secara bergantian, ada yang masuk siang dan pagi, artinya, sebelum masa sulit seperti sekarang ini pun, RKB sudah tak bisa di tempati lagi.

Kita sebagai masyarakat, berharap agar Pemkab Langkat dapat segera memperbaiki gedung sekolah yang rusak sehingga ketika sebaran virus Corona sudah berakhir kelak, tiga RKB sudah bisa di gunakan dalam proses belajar mengajar.

Bahkan pernah kejadian kejatuhan material bangunan di sekolah. Beberapa murid yang saat itu sedang belajar di dalam ruang kelas, nyaris tertimpa material bangunan yang jatuh. Beruntung, asbes yang jatuh tidak menimpa kepala anak-anak didik tersebut, bebernya Daud.

Hal senada di ucap warga yang lainnya. Mereka (masyarakat) meminta Pemkab Langkat dapat melihat kondisi buruk gedung sekolah ini dan segera memperbaikinya.

“Sangat-sangat prihatin dan miris melihat kondisi SDN 056642 Kampung Baru ini, seperti ada pembiaran dari Pemkab Langkat dan Dinas Pendidikan. Sangat jauh berbeda dengan kondisi sekolah SDN lainnya di Kabupaten Langkat. 

Kita harap Pemkab Langkat melalui Dinas Pendidikan membuka mata guna memperbaiki sekolah ini”, ucap Wagimin (41) warga setempat.(Reza Fahlevi) 
Foto:Kondisi Sekolah Dasar Negeri 056642 Kampung Baru, Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA