by

Cara Kerja dan Perawatan Pemanas Air Tenaga Surya

KOPI, Jakarta – Jika cuaca sedang dingin saat pagi hari seperti musim kemarau sekarang ini, maka akan membuat mandi menjadi malas. Tapi bagaimana kalau shower Anda menyediakan air hangat? Pasti tidak akan membuat malas karena langsung bisa mandi air hangat.

Sekarang semua itu bukan sekedar angan-angan saja kok. Dirumah Anda juga bisa memiliki air hangat sendiri tanpa merebus air terlebih dahulu, bagaimana caranya? Caranya adalah membeli secara online alat pemanas air tenaga surya yang bisa Anda gunakan untuk mandi setiap hari beserta keluarga besar.

Sebelum membelinya, Anda harus tahu bagaimana cara kerja alatnya dan bagaimana cara perawatannya agar alat pemanas air tenaga surya yang Anda beli tidak cepat rusak. Cara kerja dari alat atau sistem pemanas air solar water heater atau air hangat tenaga surya adalah menggunakan panel surya atau kolektor.

Panel surya yang dibeli nanti harus dipasang diatas genteng atau atap rumah agar dapat menerima energi dari sinar matahari, energi ini nantinya akan diproses untuk memanaskan air pada saluran air dirumah Anda. Proses pemanasan air akan dilakukan oleh komponen yang bernama cycling yang berfungsi juga sebagai tempat untuk menyimpan stok air panas.

Jika Anda khawatir panel surya tidak bisa menyimpan energi saat hujan. Tenang saja karena kalau cuaca mendung atau tidak ada sinar matahari, dengan teknologi terbaru, panel surya masih dapat menyimpan energi yang besar.

Kemudian bagaimana cara merawatnya agar bisa awet alat mesin pemanas air bertenaga surya ini? Perawatan dapat dilakukan saat 1-2 bulan pemakaian atau pemeriksaan bisa setiap 6 bulan-1 tahun. Pemeriksaan berkala 1-2 bulan harus dilakukan seperti memastikan bahwa unit Solar Heater Water tidak ada tanda kerusakan pada fisiknya.

Sering membersihkan debu atau kotoran yang menumpuk pada unit pemanas air. Periksa juga aliran pipa antara kolektor dan tangka penyimpanan. Untuk pemeriksaan yang setiap 6 bulan-1 tahun, Anda harus memeriksa pompa control agar suplai airnya berjalan lancar dan maksimal.

Kuraslah unit pemanas air dan menggantinya dengan air baru yang bersih, hal ini bertujuan agar tidak ada penyumbatan pada unit yang disebabkan kotoran yang terbawa oleh air.

Terakhir usahakan memeriksa juga check valve, pressure valve atau valve yang Anda gunakan berfungsi dengan baik, untuk pembelian valve Anda bisa mencarinya di distributor valve pipa terpercaya saja. Bagaimana mau langsung beli? Cek di marketplace favorit Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA