by

Cara Memasang Sistem Tenaga Surya di Rumah Anda

KOPI, Jakarta – Kami selalu memiliki sinar matahari gratis yang tersedia untuk kami. Tetapi kami selalu memiliki harga listrik yang masuk akal untuk rumah kami. Tetapi karena batu bara dan minyak menjadi lebih mahal, harga listrik juga naik dan terus demikian.

Saat ini, sistem tenaga surya, yang dulunya dianggap sebagai keingintahuan kuno, menjadi lebih terjangkau dan lebih praktis. Mereka juga semakin mudah menemukan komponen untuk memasang pengaturan tenaga surya rumah. Sinar matahari selalu ada untuk kita, kecuali di sebagian besar wilayah kutub yang mengalami kondisi es hampir sepanjang tahun. Tetapi dengan teknologi yang lebih baru saat ini, efektivitas dan efisiensi peralatan surya menjadi lebih baik setiap tahun.

Selama rumah Anda mendapat sinar matahari sepanjang tahun, Anda bisa memanfaatkan tenaga surya. Dan di iklim yang lebih hangat, di mana ada banyak sinar matahari, rumah bertenaga surya sangat menarik dan sangat praktis.

Tidak membutuhkan banyak sinar matahari untuk menghasilkan listrik. Tetapi Anda membutuhkan panel fotovoltaik yang cukup untuk menghasilkan listrik yang cukup untuk kebutuhan Anda. Beberapa orang merasa masuk akal untuk mencoba mengurangi penggunaan listrik mereka pada saat yang sama mereka mulai beralih ke rumah bertenaga surya. Dengan hanya beberapa panel PV, Anda dapat menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk rumah Anda. Bahkan jika Anda tinggal di rumah kecil, Anda dapat memasang panel surya dan wajib mengetahui cara kerjanya.

Salah satu masalah terbesar dengan rumah modern adalah mereka menghadap ke jalan dan bukan sinar matahari. Ini membuatnya lebih sulit, tetapi bukan tidak mungkin, untuk mengatur semua panel surya dengan benar. Untuk menangkap sinar matahari paling banyak dan menghasilkan listrik gratis atau air panas gratis, panel surya PV atau panel air panas surya Anda harus menangkap sinar matahari selama berjam-jam dalam sehari. Secara efektif ini berarti menangkap matahari pada siang hari. Matahari tengah hari berada di selatan jika Anda tinggal di AS, Kanada, dan Eropa, atau utara jika Anda berada di Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia, atau Selandia Baru.

Panel air panas surya biasanya dipasang di atap gedung, karena hal ini memungkinkan pipa air menjadi pendek untuk mengurangi kehilangan panas dari air panas. Panel listrik tenaga surya juga dapat dipasang di atap, tetapi jika tidak praktis atau jika atap menghadap ke arah yang salah, panel surya dapat ditempatkan di tiang atau menara terpisah tidak jauh dari rumah. Anda biasanya membutuhkan panjang kabel yang pendek, karena penurunan tegangan.

Saat ini sistem tenaga surya lebih efisien daripada beberapa tahun yang lalu, dan mereka dapat menghasilkan tenaga listrik dalam jumlah yang berguna dari sinar matahari yang lebih sedikit. Panel surya saat ini dapat dipasang pada sudut yang lebih curam dan masih berfungsi dengan baik. Panel yang lebih tua harus selebar mungkin dari sinar matahari. Jadi, meskipun Anda tidak berada di rumah dengan orientasi ideal ke selatan atau utara langit, masih mungkin untuk menghasilkan tenaga surya dan air panas matahari dalam jumlah yang berguna.

Panel surya biasanya dipasang pada kerangka pendukung. Beberapa bingkai dirancang agar Anda dapat mengubah ketinggian dan arah panel surya untuk musim dingin atau musim panas. (Matahari musim dingin lebih rendah di langit.) Saat sistem tenaga surya rumah Anda berkembang selama bertahun-tahun, seperti yang pasti akan terjadi, Anda dapat menambahkan lebih banyak panel surya dan bingkai untuk menahannya. Anda dapat membeli yang sudah jadi ini, atau dapat membuatnya sendiri jika Anda memiliki beberapa keterampilan tukang rumahan dan beberapa alat sederhana.

Sebelum memasang panel surya, Anda perlu menghitung konsumsi daya rumah Anda. Untuk mengetahui konsumsi daya bulanan Anda, Anda perlu membaca tagihan listrik sebelumnya dan mengetahui penggunaan daya rata-rata Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat memilih ukuran yang tepat dari sistem Anda.

Jika Anda belum pernah menggunakan tenaga surya sebelumnya, lebih baik memulai dengan sederhana. Sisakan juga ruang untuk pertumbuhan, agar Anda dapat memperbesar kapasitas daya sedikit demi sedikit apalagi jika dana Anda tidak banyak. Bahkan jika Anda menggunakan tenaga surya sebagai alternatif, Anda akan dapat memotong tagihan listrik Anda di masa mendatang.

Untuk proyek sederhana, Anda dapat mulai mengerjakan lampu luar, air mancur dekoratif dan sejenisnya. Nantinya, Anda bisa menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan listrik dalam ruangan Anda.

Saat memasang sistem tenaga surya, Anda membutuhkan inverter daya DC ke AC. Pilih inverter yang tepat untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda. Bahkan jika Anda merencanakan sistem kelistrikan kecil, masuk akal untuk mendapatkan inverter yang lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengembangkannya di masa mendatang.

Jika Anda memiliki pengetahuan terbatas tentang kelistrikan, sewalah orang yang terlatih atau ahli listrik untuk menyambungkan inverter daya. Sistem tenaga surya Anda perlu digabungkan dengan benar dengan sistem kelistrikan rumah Anda. Ada tegangan berbahaya dan Anda mungkin tersengat listrik. Hanya tukang listrik yang dapat mematuhi kode lokal sehingga proyek Anda dapat disetujui secara resmi.

Di beberapa negara, pemerintah daerah Anda mungkin memberikan insentif kepada pemilik rumah yang memasang tenaga surya. Bahkan mungkin penghematan pajak dalam beberapa keadaan.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA