by

PPWI Laksanakan Diklat Secara Online

KOPI, Pelalawan – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) yang dipimpin oleh Wilson Lalengke menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Online melalui aplikasi pembelajaran virtual atau daring, mulai Kamis (9/7/2020). Tema yang diusung pada diklat kali ini adalah dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Ke-75 Repubublik Indonesia, sehingga nama diklatnya adalah Diklat Jurnalistik Online Hari Merdeka (DJO-HM).

Peserta Diklat jurnalistik secara daring itu diikuti oleh sejumlah wartawan dan warga masyarakat umum dari berbagi daerah. Dalam pelatihan jurnalitik hari pertama, pada Kamis tersebut, Wilson Lalengke mengajarkan tentang Dasar-dasar Bahasa Indonesia.

Dalam kesempatan itu Wilson Lalengke menyampaikan bahwa PPWI berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dengan cara mengadakan pelatihan jurnalistik bagi warga pewarta. “Untuk itu, maka pada hari ini PPWI mengadakan Diklat Jurnalistik secara virtual atau daring. Keuntungan pelatihan jurnalitik online ini adalah luasnya jangkauan dan fleksibilitas waktu dan tidak terbatasnya tempat, karena pelatihan dilakukan melalui via zoom dan aplikasi WhatssAp grup,” ujar alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

Diklat jurnalistik ini, sambung Wilson, diadakan oleh PPWI guna meningkatkan kemampuan para jurnalis dalam berbahasa Indonesia yang baku baik secara lisan maupun tulisan. “Sebab berbahasa Indonesia yang baku mutlak harus dikuasai oleh setiap pewarta,” tukas Wilson Lalengke.

Dikatakannya, Diklat jurnalistik online ini diselenggarakan dalam rangka mengisi kekosongan skill atau meningkatkan keahlian dalm berbahasa Indonesia bagi para pewarta. “Sebab dalam setiap berita yang disajikan di hadapan publik, harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar,” tegas Wilson.

Ketua umum PPWI itu juga menambahkan, selain mengajarkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dalam diklat itu peserta juga diajarkan menulis berita dan mengunggah secara langsung ke media-media online, khususnya ke media KOPI dengan situs resmi www.pewarta-indonesia.com. (Sona)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA