by

Kecamatan Rantau Kopar Deklarasikan Papua Damai NKRI Harga Mati

Loading…

KOPI, Rantau Kopar – Tokoh-tokoh Masyarakat Se-kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, dari berbagai eelemen di Rantau Kopar mendeklarasikan “Papua Damai”. Pembaca Deklarasi itu menjadi bagian dalam acara diskusi memerangi hoaks serta cerdas bermedsos yang digelar Polsek Rantau Kopar di aula Kantor Camat Rantau Kopar Kelurahan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (5/9/2019) siang.

Pembaca Deklarasi tersebut disampaikan untuk menyemangati warga Papua yang ada di Riau, maupun di belahan Indonesia lainnya. Perwakilan Tokoh Masyarakat Kecamatan Rantau Kopar, Kepala KUA Kecamatan Rantau Kopar, A. Sugeng Riadi, S.Ag mengatakan bahwa pembacaan deklarasi ini sangat membantu masyarakat, menambah pengetahuan tentang bahaya berita hoaks.

Masyarakat perlu memilah berita agar tidak terjadi kericuhan antar bangsa yang baru-baru ini terjadi di Papua. “Saling bergandeng tangan bahwa Papua adalah Indonesia, dan Indonesia adalah Papua yang membuktikan kita adalah satu NKRI harga mati,” ujar Sugeng Riadi penuh semangat.

Sugeng Riadi juga mengatakan agar sebagai masyarakat, kita harus berhati-hati dalam menyeleksi berita agar tidak terkena hoaks. Ia berharap kedepannya rakyat Indonesia saling merangkul satu sama lain.

“Saling membantu satu sama lain, dan saya berharap ‘Bhineka Tunggal Ika’ bukan hanya imajinasi dan kata-kata. Papua adalah tanah Indonesia,  harusnya tetap menjadi tanah Indonesia,” imbuh Kepala KUA Sugeng Riadi.

Menurutnya, melalui pembacaan deklarasi damai Papua ini, tujuannya agar penduduk Papua mengetahui bahwa rakyat Indonesia dan penduduk di Papua, adalah Rakyat Indonesia terangnya.

Hadir dalam pembacaan deklarasi Damai Papua, Kapolsek Rantau Kopar IPTU Tri Adiyatmika, Kepala KUA Kecamatan Rantau Kopar A . Sugeng Riadi S.Ag, Kepala Puskesmas Kecamatan Rantau Kopar drg. Welly Ekafitri, Lurah Rantau Kopar Khudri, Penghulu Bagan Cempedak Dedi Wahyudi, Tokoh Masyarakat Fahrudin, dan sejumlah masyarakat Kecamatan Rantau Kopar.

Adapun bunyi deklarasi “Damai Papua” yang disampaikan tokoh-tokoh tersebut, yaitu: “Kami Masyarakat Kecamatan Rantau Kopar Menyatakan Kami adalah Papua. Papua adalah Indonesia, damai Papua, damai Indonesia kita orang semua basudara. NKRI Harga Mati”. (Siboroto)

Loading…

Comment

BACA JUGA...