by

Desa Sugiwaras Angkat Tradisi Budaya Larung Telago Didanau Gegas

KOPI, Musi Rawas – Desa Sugiwaras yang merupakan salah satu desa yang yang terletak dikawasan wilayah kecamatan Sukakarya ini, memiliki wisata yang sangat menarik dan sangat terkenal keindahannya, wisata Danau Gegas ini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan yang berada dikabupaten Musi Rawas.

Ada hal yang menarik selain keindahan pemandangan di wisata danau gegas ini, kegiatan tradisi budaya “Larung Telago” yang diadakan oleh warga setempat setiap awal tahun baru Islam pada 1 Muharram ini pun merupakan pesona tradisi budaya yang sangat menarik wisatawan.

Menurut Pak Nyamadi selaku kepala desa setempat menuturkan, Larung telago Itu sifatnya syukuran dari masyarakat sini kepada Tuhan yang Maha Kuasa, berdia dan memohon agar pengunjung saat berlibur aman dan tidak ada korban, baik tenggelam dan sebagainya, ya bisa di bilang selamatanlah. Ujar Nyamadi.

Sudah tiga tahun ini setiap tanggal tanggal satu muharam yang bertepatan pada tahun baru Islam, warga desa sugiwaras mengadakan acara syukuran didanau gegas meminta dan berdo’a kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberikan keselamatan dan kesejahteraan.

“Acara larung telago yang kami adakan untuk tahun ini dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat ada sekitar lima puluh orang, beserta para pengunjung dan wisatawan lainnya.”

“Untuk tahun-tahun berikutnya nanti kita akan adakan kegiatan besar-besaran, bahkan kita akan undang bapak bupati, serta undangan terbuka kepada masyarakat umum, harapan kami kami kepada dinas pariwisata kabupaten Musi Rawas untuk memprioritaskan wisata danau gegas ini serta mengagendakan tradisi larung telago ini menjadi kegitan rutin tradisi budaya setiap tahunnya seperti acara tabot di provinsi bengkulu.” Ujar Kades Sugiwaras. (vhio)