by

Astaka MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis 1441 H/2019 M di Kecamatan Mandau 100 Persen Siap

KOPI, Bengkalis – Pembangunan astaka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 1441 H/2019 di Kecamatan Mandau, sudah 100 persen siap.

Selasa malam, 17 September 2019, panitia pelaksana melakukan uji coba sound system (penataan suara) dan lighting (penataan peralatan pencahayaan).

Guna memastikan semuanya sesuai rencana, hingga menjelang tengah malam, uji coba tersebut masih dilakukan.

Camat Mandau Riki Rihardi bersama Kabag Kesra H Hambali langsung turun ke lokasi astaka MTQ ke-44 di halaman kantor Camat Mandau, jalan Jenderal Sudirman No 56 Duri tersebut. Mereka ikut memantau uji coba itu.

Sejumlah masyarakat yang kebetulan melintas di dekat astaka berukuran lebar sekitar 25 m dan tinggi 10 meter itu, berdecak kagum dibuatnya.

“Kalau bahasa Melayu-nya ‘bedelau’. Kecek urang awak, astaka ko yo sabana rancak. Mantul (mantap betul)”, kira-kira begitulah komentar mereka hampir senada.

Sudah 100 Persen

Camat Riki menjelaskan, pada prinsipnya astaka yang membelakangi gedung pertemuan Bathin Betuah tersebut sudah 100 persen siap.

Kata mantan Kabag Umum Setda Bengkalis ini, astaka tersebut siap dipergunakan untuk malam pembukaan dan cabang/golongan yang diperlombakan pada MTQ ke-44 di Mandau ini. Khususnya yang diperlombakan di astaka tersebut.

“Pada prinsipnya sudah siap 100 persen. Namun kita tetap akan melakukan penyempurnaan jika memang ada yang masih dirasa kurang”, ujar Camat Riki, saat ditemui di lokasi.

Masih menurut Camat Riki, uji coba Selasa malam tersebut merupakan yang pertama.

“Kita akan terus pantau setiap saat. Uji coba selanjutnya tetap akan kita lakukan, sehingga saat pembukaan dan sampai MTQ ke-44 berakhir serta pelaksanaan tabligh akbar bersama ustadz H Abdul Somad usai, astaka ini tetap berfungsi seperti yang kita harapkan bersama. Mohon doanya”, ujarnya.

Di bagian lain, dia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya warga Kecamatan Mandau untuk sama-sama berpartisipasi aktif menyukseskan MTQ yang akan diikuti 463 peserta dari 11 kecamatan dan LPTQ Kabupaten Bengkalis tersebut.

“Helat MTQ ke-44 ini adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita. Mari sama-sama dan bahu-membahu untuk menyukseskannya. Kalau bukan kita siapa lagi”, ajaknya. (Kec. Mandau/Siboroto)