by

Sambut Hari Raya Nyepi, Bupati Jembrana Serahkan Dana Kreativitas Seni Ogoh-ogoh

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara simbolis menyerahkan bantuan Dana Kreativitas Seni Ogoh-ogoh kepada perwakilan masing-masing Sekaa Teruna -Teruni, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Kamis (8/2/2024). Bantuan dana tersebut dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang jatuh pada bulan Maret 2024 mendatang.

Bantuan dana tersebut sebagai bentuk mendukung kreativitas seni para Sekaa Teruna -Teruni (STT). Sedangkan untuk subsidi pembuatan ogoh-ogoh, masing-masing STT akan diberikan dana apresiasi senilai Rp2,5 juta rupiah.

Usai menyerahkan bantuan tersebut, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa ogoh-ogoh merupakan ajang kreativitas dalam menjaga kelestarian budaya. “Kita pastikan ogoh-ogoh sebagai ajang kreatifitas dalam menjaga kelestarian budaya, kita pastikan tetap berjalan dan kita support dengan insentif Rp2,5 juta per STT, ” ungkapnya.

Bupati Tamba berharap anak muda semakin kompak dalam menyambut Tahun Emas Jembrana tahun 2026 dengan menegakkan adat istiadat di Kabupaten Jembrana. “Hari ini ada hampir 223 yang terdaftar mendapatkan uang insentif untuk ogoh-ogoh dan mudah-mudahan dalam rangka kegiatan ini anak muda kita semakin bersatu dan kompak,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara menjelaskan bahwa sebanyak 223 Sekaa Teruna – Teruni di Kabupaten Jembrana sudah terdaftar sebagai penerima dana apresiasi atau subsidi pembuatan ogoh-ogoh untuk Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946. “Pendaftaran online sudah dimulai dari (17/1/2024) dan sudah ditutup pada Minggu (4/2/2024) malam,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan bahwa para pendaftar tersebut akan mengikuti lomba dan dilakukan verifikasi oleh tim kabupaten. “Setelah verifikasi, lima ogoh-ogoh terbaik di setiap kecamatan akan dinilai, tiga terbaik di kecamatan akan dipamerkan di Twin Tower Kota Negara pada Hari Pangrupukan atau sehari sebelum Nyepi, nantinya juga akan bersamaan dengan kegiatan sketsa ada ogoh-ogoh mini dan 15 perwakilan ini juga mendapat dana pementasan Rp2 juta,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa tahun ini, pementasan di Catus Pata diganti dengan pameran di Twin Tower, alasannya, menjaga stabilitas keamanan di tahun politik dan Hari Pangrupukan bertepatan dengan Hari Umanis Kuningan, untuk lomba ogoh-ogoh tetap berjalan bagi yang meraih juara 1-4 diberikan hadiah berupa uang sevagai berikut:

  1. Juara 1 mendapat Rp15 juta
  2. Juara 2 mendapat Rp12 juta
  3. Juara 3 mendapat Rp 10 juta
  4. Harapan 1 dan 2 masing-masing mendapat Rp7 juta.

“Pemerintah Kabupaten Jembrana akan berikan dana apresiasi sebesar Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) per STT dan akan cair pada pertengahan bulan Februari 2024 ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA