by

Tingkatkan SDM Generasi Muda, Bupati Jembrana Buka Amal Charity Day Fun Latte Art Championship

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka secara resmi Amal Charity Day Fun Latte Art Championship yang di tandai dengan Penyematan Kartu Tanda Peserta dan Pemukulan Kulkul, Sabtu (23/12/2023) di gelar di Wantilan Kebun Raya Jagatnatha Jembrana, Bali, Sabtu (23/12/2023). Kegiatan tersebut digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jembrana, Amal Charity Day Fun Latte Art Championship yaitu suatu bentuk kegiatan amal yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) generasi muda.

Amal Charity Day Fun Latte Art Championship tersebut diikuti barista se-Provinsi Bali, dimana dari peserta tersebut terdapat:

  1. Sebelas orang peserta berasal dari Kabupaten Gianyar
  2. Tujuh orang peserta dari Kabupaten Jembrana
  3. Empat orang peserta dari Kabupaten Bangli
  4. Tiga orang peserta dari Denpasar
  5. Satu orang peserta dari Kabupaten Badung
  6. Satu orang peserta dari Kabupaten Tabanan.

Itulah barista se-Provinsi Bali yang mengikuti kegiatan Amal Charity Day Fun Latte Art Championship di Jembrana.

Terkait hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa kegiatan Amal Charity Day Fun Latte Art Championship yang melibatkan Barista se-Bali tersebut merupakan sebuah karya kreatif dan inovatif untuk meningkatkan SDM generasi muda Jembrana agar memiliki jiwa enterpreneurship dan kemandirian dalam rangka menyongsong Jembrana emas 2026. “Seluruh generasi muda Jembrana harus menyiapkan diri sedini mungkin untuk dapat menguasai berbagai jenis keterampilan, teknologi informasi dan kemampuan berhasa asing, karena hanya dengan memiliki SDM yang mempuni kita akan dapat memenangkan persaingan di dunia global,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengapresiasi KNPI Jembrana yang turut serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan SDM di Kabupaten Jembrana, ia berharap kegiatan tersebut rutin dilaksanakan, sehingga percepatan pembangunan SDM semakin cepat terwujud. “Ini merupakan bagian dari bagaimana cara anak-anak muda kita bisa berinovasi dan kreatif, tentunya saya sangat suka melihat anak-anak muda yang sudah memiliki usaha, hari ini kalian dilombakan menjadi satu imajinasi menjadi satu karya seni, sehingga menarik barang yang ditawarkan,” harapnya.

Sementara, Ketua KNPI Jembrana Putu Agus Mahendra mengatakan bahwa KNPI Jembrana sebelumnya sempat menggelar festival pemuda pertama di Jembrana pada peringatan Sumpah Pemuda, seperti kegiatan sebelumnya KNPI Jembrana menggelar kompetensi latihan pertama di Jembrana secara swadaya dan gotong royong. “Kami KNPI Jembrana menginisiasi kegiatan ini dengan cara urunan (iuran) dan berkolaborasi dengan leading sektor terkait, baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dunia industri dan dunia pendidikan,” ungkapnya.

Agus Mahendra menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan aktivitas yang diselenggarakan dengan konsep amal. “Selama ini kami rutin melaksanakan bakti sosial, baik untuk penyandang disabilitas dan Lansia kurang mampu serta respon sosial terhadap musibah dan bencana yang terjadi di Jembrana,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa selama ini aktivitas sosial tersebut dilakukan secara swadaya diantara internal kepengurusan KNPI Jembrana. “Itu rutin kami lakukan dalam satu bulan, bisa berjalan dua sampai tiga kali kami turun langsung,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa event Latte Art Championship tersebut dimaksudkan untuk mempererat tali persahabatan diantara pemuda dan lebih pada memasyarakatkan. “Latte Art sebagai potensi sebuah seni di kalangan generasi muda, kami berupaya menyelenggarakan kompetisi ini secara profesional,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA