by

Hadiri Karya Ngaben Kolektif Wabup Jembrana: Ini Wujud Penghormatan dan Pengabdian kepada Leluhur

KOPI, Jembrana – Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembrana menggelar Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif, bertempat di Griya Petamon Lingkungan Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Jumat (1/12/2023). Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna yang juga merupakan semeton Bhujangga Waisnawa.

Pada acara tersebut Wabup Patriana Krisna juga menyerahkan bantuan berupa Vocer senilai Rp20 juta. Bantuan tersebut diberikan kepada Prawartaka Karya sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana pada Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembrana. Pitra yadnya ngaben kolektif tersebut diikuti sebanyak 54 sawe.

Dalam Sembrama Wacananya, Wabup Patriana Krisna mengatakan bahwa karya ngaben massal yang dilaksankan tersebut merupakan pengabdian kepada leluhur dengan mensucikan roh-roh leluhur. “Tentu hal Ini menjadi wujud penghormatan dan pengabdian kepada leluhur serta sebagai bentuk kebersamaan dan gotong-royong yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, khusunya keluarga Bhujangga Waisnawa,” ujarnya.

Lanjutnya, ia meyakini karya ngaben ini merupakan salah satu bagian dari kewajiban/hutang umat manusia yang lahir di bumi. “Karna kita yakin dan percaya bahwa kita lahir di dunia ini membawa tiga kewajiban atau hutang, yaitu:

  1. Dewa ma yaitu hutang hidup kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa
  2. Pitra Rna yaitu hutang jasa kepada leluhur
  3. Rsi Rna yaitu hutang suci kepada Rsi.

Dan kita wajib membayarnya dengan lima yadnya salah satunya dengan Pitra Yadnya yang hari ini kita lakukan,” ungkapnya.

Wabup Patriana Krisna berharap dengan semangat gotong-royong semeton Warga Bhujangga Waisnawa dalam melaksanakan karya ngaben kolektif senantiasa dapat berjalan lancar Sida Sidaning Don. “Titiang (saya) sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Jembrana senantiasa mendoakan yadnya sane becik puniki bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan dengan adanya suport dari pemerintah diharapkan dapat meringankan beban dari guru/biang titiang (saya) sareng sami,” harapnya.

Sementara itu Prawartaka Karya, I Komang Adiyasa dalam laporannya mengatakan bahwa rangkaian Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembran digelar mulai tanggal 25 November sampai 3 Desember 2023 yang diikuti sebanyak 54 sawe. “Ada 54 sawe yang ikut di sini diantaranya:

  1. Memukur ada 32
  2. Ngebah ayu 14
  3. Ngelungah 8.

Ini semua keluarga daripada Bhujangga Waisnawa, kegiatan ini memang rutin kita lakukan setiap dua tahun sekali, karena petunjuk dari leluhur kita, maka setiap dua tahun sekali harus kita laksanakan ngaben kolektif ini,” jelasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA