by

Bupati Jembrana Dampingi Kapolda Bali Pantau Pelabuhan Gilimanuk untuk Pastikan Keamanan Nataru

KOPI, Jembrana – Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto memantau persiapan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali, Rabu (27/12/2023). Turut serta dalam pemantauan tersebut General Manager PT. ASDP Cabang Ketapang Syamsudin untuk memastikan pengamanan berjalan dengan lancar.

Bertepatan dengan libur nasional menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 arus kendaraan di penyeberangan di Selat Bali diprediksi akan terus meningkat. Hal serupa juga diprediksi akan terjadi saat arus balik kedatangan wisatawan domestik usai liburan di Pelabuhan Gilimanuk.

Saat ditemui awak media Pewarta Indonesia usai pemantuan, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan bahwa pengecekan kesiapan Pelabuhan Gilimanuk dalam rangka Operasi Lilin Agung untuk Hari Natal dan menjelang tahun baru, hal tersebut untuk mempersiapkan wisatawan yang akan berlibur di Bali. “Untuk mengantisipasi kemacetan dan antrean di Pelabuhan Gilimanuk itu sudah diantisipasi oleh Posko, dan di rapat sektoral kita sudah jelaskan menyangkut penambahan kapal, penyeberangan, menyangkut kantong-kantong parkir yang sudah kita siapkan, dan juga perpaduan dari lintas sektoral, untuk bersama-sama nanti mengatur dari Gilimanuk sampai tujuannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia memprediksi saat arus balik kemungkinan arus kendaraan akan lebih padat di Pelabuhan Gilimanuk, pihaknya sudah berkoordinasi bersama dengan lintas sektoral dan Forkopimda Jembrana, selain itu dari Polda Bali juga akan membackup Personil. “Kami menghimbau seluruh masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dari situasi di penyeberangan atau di perjalanan, berhati-hati dalam perjalanan jika ada hal-hal yang merugikan bisa melapor ke pos-pos area, dan juga berhati-hati di perjalanan terutama di malam hari karena jalan di Bali terlalu sempit tidak cukup lebar,” jelasnya.

Sementara itu, General Manajer PT. ASDP Cabang Ketapang Syamsudin mengatakan bahwa penyeberangan lintas Selat Bali pada masa liburan Natal dan tahun baru, setelah Hari Raya Natal masih landai lancar, dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang sempat terjadi kepadatan dari Selasa malam sampai Rabu pagi, tetapi sudah bisa terurai sehingga siang hari sepi. “Diprediksi mulai hari ini (27/12/2023), terjadi kepadatan yang masuk Bali sampai menjelang malam tahun baru, sedangkan arus baliknya dimulai pada 1-4 Januari 2024. Kemudian pada 5 Januari 2024 sudah mulai menurun, kami antisipasi arus balik nanti, sudah siapkan buffer zone di fasilitas parkir Gilimanuk, pada saat terjadi kepadatan Selasa malam sudah disimulasikan dan terbukti lancar, ke depan akan ditetapkan sesuai dengan kondisi,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan 53 unit kapal termasuk 4 kapal bantuan berukuran besar, sehingga bisa mengurai banyaknya kendaraan yang akan keluar Bali pada saat arus balik. “Tentu kita akan mengatur lebih baik lagi kendaraan yang akan masuk pelabuhan agar tidak ada antrean,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA