by

Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Wabup Jembrana: Pahlawan Bangsa Mengajarkan Kita Nilai Perjuangan

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 pada 10 November 2023 dengan mengusung tema: “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna di Stadion Pecangakan Negara, Jembrana Bali, Jumat (10/11/2023).

Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November tersebut melibatkan peserta dari ASN, TNI, Polri, serta para pelajar. Selain itu, upacara juga dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Perwira TNI/Polri dan pejabat di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wabup Patriana Krisna yang membacakan sambutan Menteri Sosial (Menkes) RI menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan ke-78, sebagai renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. “Karena kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” ucap Wabup Patriana Krisna membacakan sambutan Menkes RI.

Selain itu, Wabup Patriana Krisna juga mengatakan bahwa ancaman dan tantangan tersebut dapat ditaklukkan dengan tekad dan semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. “Memang tidak mudah, tapi pasti bisa, karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan, dan nilai-nilai tersebut jika kita ikuti, niscaya membawa jejak kemenangan,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna mengungkapkan bahwa pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. “Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita, bahwa bangsa kita, bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan, akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada yang menggelora,” ungkap Wabup Patriana Krisna.

Lanjutnya, Wabup Patriana Krisna menceritakan bahwa dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November dalam menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. “Tetapi rakyat Indonesia bergandengan tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seluruh Nusantara melebur menjadi satu, dan mampu mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” tuturnya.

Selanjutnya, ia menuturkan bahwa semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 menjadi semangat generasi saat ini untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan, yang telah dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. “Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa mewujudkan masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Terakhir, Wabup Payriana Krisna mengajak seluruh generasi penerus saat ini untuk dapat meningkatkan perekonomian agar Indonesia menjadi negara yang maju.
“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA