by

Forkopimda Siap Amankan Pemilu 2024, Bupati Tamba: Jaga Situasi Kondusif di Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran Forkopimda Jembrana menghadiri Rapat Koordinasi Eksternal Pelaksanaan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024, bertempat di Aula Polres Jembrana, Bali, Senin (16/10/2023). Rapat tersebut dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, yaitu menjelang, pada saat, dan pasca Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kegiatan yang diinisiasi Polres Jembrana tersebut diikuti oleh jajaran Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, Ketua KPU Jembrana, Ketua Bawaslu, Kepala OPD terkait, serta seluruh Ketua Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024. Seluruh jajaran Forkopimda kompak dan menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan, sekaligus tetap kondusif di wilayah Jembrana pada saat gelaran Pemilu.

Dalam sambutanya Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana menjelaskan bahwa menjelang Pemilu 2024 tersebut Polres Jembrana akan menggelar Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024. “Besok akan dilaksanakan gelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia, dan tahapannya sudah dimulai dari tanggal 19 Oktober 2023, tentu kami mempersiapkan pengamanan mulai dari:

  1. Pendaftaran calon dan penetapan calon
  2. Kampanye
  3. Masa tenang
  4. Pemungutan suara
  5. Penghitungan suara dan penetapan hasil.

Ini akan berlangsung sampai dengan akhir tahun 2024,” ucap Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa langkah-langkah yang akan dilaksanakan Polres Jembrana dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban Pemilu 2024 diantaranya:

  1. Melakukan deteksi dini
  2. Melakukan bimbingan dan penyuluhan
  3. Melakukan pengamanan setiap tahapan yang akan dilaksanakan
  4. Melakukan penindakan sesui aturan
  5. Memonitoring
  6. Melakukan pemetaan
  7. Melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat.

“Adapun jumlah Personil yang akan dilibatkan dalam kegiatan untuk mewujudkan keamanan tersebut yaitu:

  1. Dari Polri sebanyak 463 personil
  2. Dari Linmas sebanyak 1796 orang
  3. Dari TNI sebanyak 51 anggota.

Terkait dengan hal tersebut kami juga meminta bantuan dibawah kendali operasi Polda Bali sebanyak 35 personil Brimob, dan dari Dalmas sebanyak 35 personil,” jelas AKBP I Dewa Gde Juliana.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana berharap kepada seluruh masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga situasi kondusif di Kabupaten Jembrana dan bersama mendoakan kegiatan Pemilu 2024 agar berlangsung dengan damai. Dengan diadakannya rapat eksternal lintas sektoral, ia juga berharap dapat menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana, serta tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Oleh karena itu kepada jajaran Forkopimda tentu terus kita berkoordinasi bersama-sama untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, yaitu sebelum Pemilu, saat Pemilu maupun setelah Pemilu, khususnya untuk tetap menjaga kondusifitas dan tetap menyebarkan narasi-narasi Pemilu damai kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan rapat koordinasi tersebut dapat meningkatkan sinergitas, komunikasi dan koordinasi antar instansi Pemerintahan Kabupaten Jembrana dengan stakeholder terkait dalam menghadapi Pemilu 2024 yang akan datang. “Saya ingin menyampaikam kepada Ketua Parpol untuk mengajak jajaran partainya, yaitu menjaga situasi kondusif di Jembrana, dan kepada peserta Pemilu kita harapkan bisa menerapkan semangat Pemilu damai, menghindari konflik saat Pemilu dan menerima pemimpin yang terpilih secara damai,” ucap Bupati Tamba.

Ia berharap dalam memyambut Pemilu serentak 2024 agar menerapkan rasa menyame braya (persaudaraan). “Saya sebagai bupati mengajak kepada semua lapisan masyarakat Jembrana, mari kita sambut Pilpres dan Pemilu Legislatif ini dengan rasa bahagia menyame braye,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA