by

Pemkab Jembrana Jemput Bola Tingkatkan Pelayanan Perekaman E-KTP

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana melalui Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus meningkatkan pelayanan masyarakat untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Kali ini Disdukcapil jemput bola pelayanan rekam E-KTP ke SMA Negeri 1 Melaya, Jembrana Bali, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan perekaman e-KTP tersebut dihadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kadis Dukcapil, I Wayan Sudana, Camat Melaya. Disamping dihadiri para pejabat Pemkab juga dihadiri para guru dan siswa sekolah SMA Negeri 1 Melaya.

Kadis Dukcapil, I Wayan Sudana menjelaskan bahwa kegiatan JEBOLAN (Jemput Bola Perekaman E-KTP) bagi pemula tersebut bukan yang pertama kali dilakukan, tetapi sudah berjalan beberapa kali di sekolah-sekolah yang ada di Jembrana. “Melalui jemput bola perekaman e-KTP ini, saya berharap seluruh masyarakat bisa melaksanakan perekaman, khususnya bagi yang sudah wajib memiliki E-KTP berumur 17 tahun ke atas, dan untuk siswa yang sudah berusia 17 tahun, KTP akan langsung dicetak setelah melakukan perekaman, sedangkan yang berusia 16 tahun KTP akan dicetak saat mereka genap berusia 17 tahun,” jelas Kadis Dukcapil I Wayan Sudana.

Lebih lanjut, Kadis Dukcapil Kabupaten Jembrana I Wayan Sudana, mengatakan bahwa Disdukcapil Jembrana mempunyai inovasi yaitu JEBOLAN atau jemput bola pelayanan pelajar langsung dan perekaman otentik dokumen identitas penduduk. “Atas arahan dan dorongan Bapak Bupati, Dispendukcapil jemput bola ke sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Jembrana,” ucap I Wayan Sudana.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa pentingnya kebutuhan tentang perekaman kependudukan tersebut untuk semua generasi, hal itu merupakan bagian sistem administrasi di Indonesia yang dilaksanakan untuk mempercepat layanan kepada masyarakat. “Perlunya administrasi penduduk, ini tentunya banyak hal baik yang dibutuhkan, seperti untuk melanjutkan sekolah, bekerja, maupun dalam memberikan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga ingin kegiatan seperti program jemput bola ini kepada masyarakat, harus terus dilakukan, agar lebih mempermudah masyarakat, sehingga tidak perlu datang jauh-jauh lagi ke kantor Disdukcapil. “Kita harus memberikan pelayanan dengan datang mengunjungi masyarakat secara bersama-sama, dan hal ini perlu keterlibatan semua pihak, untuk itu saya berharap progam ini terus ditingkatkan, dan bukan hanya hari ini saja, tapi terus menerus dilakukan, terutama sasaran kita adalah anak-anak sekolah,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA