by

Wagub Bali Buka Pawai Budaya Sambut HUT Kota Negara ke-128

KOPI, Jembrana – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati membuka secara resmi Pawai Budaya menyambut HUT Kota Negara ke-128, bertempat di Perempatan Lampu Merah, Jalan Sudirman, Kota Negara, Jembrana Bali, Sabtu (19/8/2023). Barisan pawai budaya tersebut dilepas, yang ditandai dengan pemukulan kulkul oleh Wagub Bali bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba .

Sebanyak 2000 seniman terlibat dalam atraksi pawai tersebut. Melalui gerak tari, tetabuhan dan atraksi seni menghibur ribuan penonton yang memadati Jalan Sudirman Negara.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa tema pawai budaya diselaraskan dengan tema HUT Kota Negara tahun ini, yaitu ‘Segara Kerthi’, tema tersebut memiliki makna samudra sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan. Hal tersebut juga selaras dengan visi misi kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.

“Yakni mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana, melalui hubungan yang harmonis antar manusia dengan manusia, manusia dengan alam lingkungan dan manusia dengan sang pencipta melalui implementasi misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap melalui pementasan kesenian dan pawai yang ditampilkan mampu menyuguhkan keragaman dan kekayaan budaya yang dimiliki Jembrana, seperti:

  1. Pementasan jegog
  2. Kendang mebarung
  3. Bungbung gebyog.

itulah kesenian masyarakat di masing-masing kecamatan yang ikut ditampilkan dalam pawai tersebut.

“Kita senantiasa memfasilitasi berbagai kegiatan masyarakat dalam penguatan budaya, termasuk penyediaan fasilitas seperti Sirkuit All in One dapat dimanfaatkan masyarakat untuk gelaran budaya dan atraksi wisata, seperti:

  1. Mekepung
  2. Festival hadrah
  3. Eksibisi layang-layang internasional.

Ini adalah pementasan kesenian yang baru saja digelar di tempat itu, semoga bisa membuat bahagia semeton Jembrana semuanya,” ujar Bupati Tamba.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Bali Tjok Arta Ardana Sukawati menyambut baik pawai budaya serangkaian HUT Kota Negara ke-128. Ia berharap atraksi ini bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat bukan hanya Jembrana saja tapi juga masyarakat dunia, penyelenggaraan event tersebut menurutnya memiliki tujuan yang mulia untuk memberikan ruang mempertontonkan hasil karya budaya demi kesejahteraan masyarakat.

“Kita berupaya memulihkan pariwisata Bali yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, salah satunya melalui penyelenggaraan atraksi budaya, ini juga bentuk penghormatan kepada para leluhur, saya ucapkan terima kasih penyelenggaran kegiatan ini, semoga dapat berkelanjutan,” ucap Wagub Gubernur Bali Tjok Arta Ardana Sukawati.

Pementasan kesenian Jembrana diawali dengan barisan payas agung serta barisan uparengga diiringi musik baleganjur. Selanjutnya, sebagai pengisi pawai atraksi dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Jembrana menampilkan:

  1. Kecamatan Pekutatan menampilkan Segara Kidul yang menggambarkan sosok penguasa lautan penjaga samudra
  2. Kecamatan Melaya menampilkan Somya segara yang menjaga keseimbangan lautan
  3. Kecamatan Negara menampilkan Kurma Raja yang menggambarkan raja kura-kura menjaga kelestarian ekosistem laut
  4. Kecamatan Mendoyo menampilkan Nyodo Bumi untuk keseimbangan laut
  5. Kecamatan Jembrana menampilkan atraksi Gajah Mina yang menggambarkan sosok penguasa laut sebagai sumber kehidupan.

Pada pementasan pawai budaya tahun ini juga memberikan kesempatan kepada BUMN serta badan usaha swasta yang menampilkan atraksi kesenian yang menggambarkan potensi dan hasil laut Jembrana dalam mendukung roda perekonomian. Pada pawai budaya tersebut, turut juga ditampilkan kesenian dari luar Provinsi Bali yaitu:

  1. Duta kesenian Kabupaten Halmahera Barat
  2. Duta kesenian Banyuwangi
  3. Duta kesenian Kota Kediri
  4. Duta kesenian Provinsi Banten
  5. Duta kesenian Kabupaten Jember.

Bahkan, duta kesenian Kabupaten Jember yang menampilkan atraksi fashion carnaval serta musik patrol (perkusi) dipimpin langsung Bupati Jember Hendy Siswanto. Dalam atraksi fashion carnaval tersebut turut berjalan dalam barisan pawai, keakraban dua daerah terlihat dengan tim kesenian Jember mengusung Tagline Jember dan Jembrana Bersaudara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA