by

Pemkab Jembrana Gelar HUT Kota Negara ke-128 di Stage Pura Jagatnatha

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana merayakan peringatan Hari Jadi Kota Negara kini genap berusia ke-128 tahun, untuk tahun ini mengusung tema: ‘Segara Kerthi’. Peringatan HUT Kota Negara tersebut di Gelar di Stage Pura Jagatnatha, Jembrana Bali, Selasa (15/8/2023).

Berbagai kemeriahan acara disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana, rangkaian peringatannya sejak 4 Agustus 2023, diisi beragam kegiatan dari pertunjukan seni budaya, olahraga, hingga kegiatan sosial. Tema Segara Kerthi yang memiliki makna yaitu samudera sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan, hal tersebut bagian dari misi Pemerintah Kabupaten Jembrana yaitu Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Momentum hari jadi Kota Negara ke-128 Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengajak seluruh komponen warga Jembrana untuk bersatu menyambut Jembrana Emas 2026. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh masyarakat Jembrana dalam mewujudkan berbagai program serta kebijakan, untuk mewujudkan Jembrana agar semakin baik,” ucap Bupati Tamba.

Di hadapan ribuan masyarakat yang memadati puncak perayaan HUT Kota Negara ke-128 di Stage Pura Jagatnatha, Bupati Tamba meminta seluruh unsur untuk bersatu-padu bekerjasama mewujudkan Jembrana Emas. “Mari kita bersatu, seluruhnya kompak, satukan tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026,” pinta Bupati Tamba.

Menyongsong Jembrana Emas Bupati Tamba menyampaikan bahwa perlu disiapkan dari sekarang, terutama dari sisi sumber daya manusia, agar nantinya bisa menjadi pelaku, bukan hanya jadi penonton saja. “Apa yang kita butuhkan hari ini adalah perbaikan SDM, percayalah hari ini ayo kita bangkit, di tahun 2026 saya berharap di seluruh setiap rumah tangga masyarakat Jembrana agar punya pekerjaan dan penghasilan,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mencontohkan daya dukung dari cokelat/kakao Jembrana yang sudah dikenal baik, ditambahkan lagi dengan dibangunnya rumah produksi bersama kakao di Jembrana akan semakin meningkatkan produksi kakao Jembrana sebagai olahan coklat yang memiliki nilai jual tinggi, sehingga Jembrana akan segera beralih dari penyedia kakao, kini fokus membangun sektor hilir kakao. “Tahun ini kita bangun Factory Sharing Kakao Jembrana, astungkara (mudah-mudahan) tahun depan kita sudah bukan menjual biji kakao lagi, tetapi menjual olahan coklatnya, langkah itu akan memberikan kesejahteraan bagi seluruh petani kakao di Jembrana,” harap Bupati Tamba.

Dengan demikian, Bupati Tamba berkeyakinan Jembrana akan dikenal sebagai daerah produsen coklat yang berkualitas. “Saya punya tekad sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa setiap kota harus punya City Branding, kita akan membranding Jembrana sebagai Kota Coklat,” ungkap Bupati Tamba.

Berbagai pembangunan infrastruktur yang terus dilaksanakan di Kabupaten Jembrana menjadi indikator bahwa Jembrana Emas tersebut pasti dapat terwujud, terkait hal tersebut Bupati Tamba menjelaskan bahwa tahun ini berbagai fasilitas strategis mulai dikerjakan. “Selain Factory Sharing Kakao, yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Revitalisasi Pelelabuhan Perikanan Pengambengan
  2. Revitalisasi Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk
  3. Revitalisasi Pasar Umum Negara
  4. Pembangunan Taman Kerthi Bali Semesta.

Itulah berbagai fasilitas yang akan dikerjakan tahun ini,” jelas Bupati Tamba.

Hal yang menggembirakan juga dalam waktu dekat, Bupati Tamba mengatakan bahwa Pabrik Mitra Prodin yang menyerap tenaga kerja hingga 6.000 juga akan segera beroperasi. “Dampaknya bagi masyarakat sekitar yaitu membuka peluang usaha seperti kos-kosan dan menjual makanan, ini akan menggerakkan ekonomi kita, dari sisi pendapatan daerah tentu kita akan mendapatkan retribusi dari situ,” tutur Bupati Tamba.

Terakhir, Bupati Tamba menyampaikan bahwa semua itu tidak akan dapat terwujud tanpa kerjasama dari berbagai pihak, baik itu dari Instansi Eksekutif, Legislatif, Instansi Vertikal maupun masyarakat Jembrana pada umumnya.
“Saya bersama seluruh jajaran Pemkab Jembrana dan teman-teman di DPRD kita bersatu tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026, di Hari Ulang Tahun Kota Negara ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh jajaran Pemkab Jembrana, mulai dari Pak Sekda sampai ke semua Kelian, termasuk jajaran Forkopimda yang selalu kompak,” tutupnya.

Pada malam resepsi yang digelar di Stage Pura Jagatnata, Pemkab Jembrana turut menyerahkan berbagai penghargaan kepada beberapa pihak perlombaan di Jembrana, diantaranya sebagai betikut:

  1. Lomba drumband tingkat SMA/SMK
  2. Lomba drumband tingkat SMP
  3. Lomba drumband tingkat SD
  4. Lomba Penjor
  5. Lomba Subak antar kecamatan
  6. Lomba Utsawa Dharma Gita
  7. Lomba Mekepung Bupati Cup
  8. Lomba Gong Kebyar anak-anak antar kecamatan se-Kabupaten Jembrana
  9. Lomba Baleganjur tingkat SD
  10. Lomba Baleganjur tingkat SMP
  11. Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Jembrana
  12. Lomba BUMDES tingkat Kabupaten Jembrana
  13. Lomba Desa Tingkat Kabupaten Jembrana
  14. Lomba Kelurahan dan Lomba Desa Mandiri Bahagia.

Demikian penyerahan berbagai penghargaan kepada beberapa pihak perlombaan yang telah disekenggarakan di Jembrana.

Selain itu, Bupati Tamba turut menyerahkan piagam penghargaan kepada seniman pengabdi seni dan budaya di kabupaten Jembrana. Termasuk penghargaan kepada siswa berprestasi Jembrana peraih medali emas pada Japan Design and Invention Expo 2023 (JDIE) di Tokyo Jepang.

Usai menyerahkan penghargaan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba juga melakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan sejumlah pihak. Diantaranya dengan PT. Pos Indonesia dan Kampus Stikom. Bupati barsama Wabup Jembrana beserta jajaran Forkopimda Jembrana menyerahkan secara simbolis santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang serta santunan kematian warga Jembrana, acara terakhir resepsi ditutup dengan penampilan Artis Pop Bali dan pertunjukan kembang api. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA