by

Bupati Jembrana Hadiri Serangkaian Piodalan Pura Dangkahyangan Gede Perancak

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri serangkaian Piodalan Pura Dangkahyangan Gede Perancak, sekaligus melaksanakan persembahyangan, bertempat di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Bali, Rabu (23/8/2024). Puncak karya piodalan tersebut tepatnya jatuh pada Buda Kliwon Julung Manis Medangsia.

Turut hadir Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana serta beberapa pejabat pimpinan OPD di Lingkup Pemkab Jembrana.

Gusti Agung Made Arta selaku Ketua pengempon Pura Dangkahyangan Gede Perancak mengungkapkan bahwa pamedek yang tangkil (menghadiri) serangkaian karya piodalan tersebut juga ada dari luar Jembrana. “Pemedek (masyarakat) yang hadir ke sini untuk menghaturkan persembahyangan dari seluruh Bali, bahkan ada yang dari luar Bali, pagi tadi sudah ada pemedek dari Tampak Siring, sejebag Bali bahkan sejebag Indonesia karena ini merupakan Pura Dangkahyangan,” ungkap Ketua Pengempon Gusti Agung Made Arta.

Lebih lanjut, Gusti Agung Made Arta menjelaskan bahwa Pura Dang Kahyangan Gede Perancak tersebut diempon oleh lima desa adat di wilayah Kecamatan Jembrana, masing-masing Desa Pakraman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Desa Pakraman Perancak
  2. Desa Pakraman Yehkuning
  3. Desa Pakraman Budeng
  4. Desa Pakraman Dangin Tukadaya
  5. Desa Pakraman Sangkaragung.

“Pangempon dari desa-desa tersebut secara bergantian menjadi panitia karya piodalan yang digelar setiap 210 hari sekali,” jelas Gusti Agung Made Arta.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Jembrana serta pemedek (masyarakat) yang sudah melaksanakan persembahyangan dan mepunia di Pura Dangkahyangan Gede Perancak. “Tityang ngangganin semeton sareng sami yen praside rauh nganturang suksma ledang kayun sane mepunia tyang ngaturang suksma,” ucap Gusti Agung Made Arta.

Sementara itu, Bupati Tamba mengapresiasi umat dalam melaksanakan yadnya, dengan dilandasi semangat gotong royong dan tulus ikhlas. “Dengan didasari rasa tulus ikhlas dalam beryadnya, niscaya upacara ini akan berjalan lancar dan labda karya,” ujar Bupati Tamba. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA