by

Bupati Jembrana Hadiri Gebyar Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Bunda PAUD Jembrana Gusti Ketut Candrawati Tamba menghadiri Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, digelar di Gor Kresna Jvara, Jembrana Bali, Jumat (25/8/2023). Kegiatan rutin tahunan tersebut dalam rangka menyambut peserta didik baru di jenjang peserta didik (Satdik) PAUD.

Turut hadir di acara tersebut pimpinan OPD terkait, Tim Pokja Bunda PAUD Kabupaten Jembrana, serta Pimpinan Satdik PAUD dan SD se-Kabupaten Jembrana.

Pemkab Jembrana melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Jembrana menggelar Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Kegiatan rutin tahunan tersebut bertujuan mengakhiri miskonsepsi tentang pembelajaran, seperti adanya peserta didik baru jenjang SD kelas awal harus bisa calistung.

Acara tersebut disambut meriah ribuan anak-anak serta undangan yang hadir. Jumlah peserta didik yang hadir melibatkan 1.400 anak-anak PAUD hingga SD kelas awal PKG seluruh kecamatan di Kabupaten Jembrana yang didampingi guru dan para orang tua.

Bunda PAUD Kabupaten Jembrana Gusti Ketut Candrawati Tamba menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah tentang transisi PAUD ke SD yang menyenangkan salah satunya adalah mendorong kesadaran bersama akan pentingnya membangun kemampuan pondasi pada anak secara bertahap, agar manfaat baik dari pembelajaran dapat tercapai. “Ada tiga target perubahan dari Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menghilangkan tes calistung dari penerimaan peserta didik baru di SD
  2. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama
  3. Menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak.

Itulah tiga target perubahan dari Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ungkap Bunda PAUD Gusti Ketut Candrawati Tamba.

Lebih lanjut, Bunda PAUD Gusti Ketut Candrawati Tamba menjelaskan bahwa ketiga target tersebut sudah terlaksana dengan baik di Kabupaten Jembrana. “Hal ini bisa terlihat dengan partisipasi sekolah yang mengirimkan dukungan lewat karya nyata terhadap gerakan Transisi PAUD ke SD berupa poster yang terpasang di sekitar lokasi kegiatan, pameran alat permainan edukatif yang membangun kemampuan pondasi, dan salah satunya adalah kegiatan Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Jembrana,” jelas Gusti Ketut Candrawati Tamba.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan momentum dukungan terhadap anak usia dini dengan rentang umur 0-8 tahun untuk bersama meningkatkan partisipasi dalam pemenuhan hak-hak atas anak untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas. “Masyarakat harus mendapatkan pelayanan seperti gerakan transisi ini, dengan target perubahannya menjadikan orang tua lega, anak nyaman dan guru senang,” ucap Bupati Tamba.

Dalam menyongsong Jembrana Emas 2026, Bupati Tamba mengharapkan seluruh jajaran harus benar-benar berkomitmen menciptakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak, yaitu:

  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Gizi
  4. Pengasuhan
  5. Perlindungan.

“Mari kita mewujudkan PAUD Kabupaten Jembrana yang bahagia, gembira kreatif, dan inovatif, ini adalah kesempatan yang baik untuk kembali membangkitkan gairah mewujudkan generasi unggul demi Jembrana dan Indonesia yang akan datang, semoga anak-anak Jembrana selalu sehat dan bahagia,” harap Bupati Tamba.

Selain menampilkan pentas seni, acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan untuk kategori Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang mendukung program PAUD Desa yang telah memberikan insentif untuk guru PAUD terbesar pada setiap kecamatan. Hal tersebut untuk guru berdedikasi dengan masa kerja terlama yang sudah mengabdi di dunia PAUD. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA