by

Bupati Jembrana Buka Lomba Mekepung Bupati Cup 2023 di Sirkuit All In One

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka Lomba Mekepung Bupati Cup 2023, diikuti sebanyak 203 peserta, diselenggarakan di Sirkuit All in One Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Minggu (6/8/2023). Dari 203 peserta tersebut terdiri dari 108 regu barat (Ijogading Barat) dan 95 regu timur (Ijogading Timur), sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton secara langsung.

Dalam rangka menyambut HUT Kota Negara ke-128, Mekepung Bupati Cup 2023 merupakan event pertama kalinya menggunakan Sirkuit All in One. Sirkuit All in One Jembrana merupakan sirkuit yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan sirkuit lainnya, karena memiliki view pantai yang memukau.

Bupati Tamba mengatakan bahwa Mekepung tersebut merupakan barang yang mahal, tentu Pemerintah Kabupaten Jembrana sangat memperhatikannya. “Hari ini mungkin masih biasa-biasa saja, tetapi nanti akan kita ekspos ke luar negeri/dunia, kita harus sabar sedikit lagi, kita akan menuju Jembrana Emas, nantinya apa yang harus kita berikan, yaitu dengan kemampuan daerah untuk membina ini, nanti kita bisa ciptakan, ini pasti menjadi barang mahal,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa Sirkuit All in one tersebut sebagai salah satu tempat aktraksi budaya yang mungkin bisa dipertahankan sepanjang masa. “Tempat ini (Sirkuit all in one) untuk mereka, bukan untuk bupati, silahkan tempat ini digunakan dan dirawat,” ungkap Bupati Tamba.

Sementara, Koordinator Mekepung, I Made Mara menjelaskan bahwa mekepung Bupati Cup 2023 yang selenggarakan hari ini diikuti sebanyak 203 pasang, dari 203 pasang tersebut dibagi menjadi dua regu, yaitu:

  1. 108 pasang untuk regu barat
  2. 94 pasang untuk regu timur.

Regu tersebut juga dibagi menjadi 4 regu:

  1. Regu A ada 10 pasang
  2. Regu B 20 pasang
  3. Regu C 30 pasang
  4. Untuk kelas pemula ada 34 pasang.

“Lomba Mekepung sampai hari ini sangat meningkat dibandingkan dengan lomba sebelumnya, dimana yang dulunya hanya diikuti 60 regu timur dan 70 untuk regu barat, tetapi sekarang semuanya meningkat yaitu, 94 untuk regu timur dan 108 untuk regu barat,” jelas Koordinator Mekepung I Made Mara.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa Sirkuit All in One tersebut merupakan pertama kalinya digunakan, kali ini untuk event Mekepung Bupati Cup 2023. “Antusiasme dari Sekaa Mekepung dan juga masyarakat sangat luar biasa, dan disambut baik dengan adanya sirkuit ini, sirkuit ini untuk mereka, jika nantinya sirkuit yang ada ini, siapa tahu kemajuan jaman dan padatnya penduduk, nanti sirkuit itu bisa beralih fungsi, maka dari itu, ini untuk backup kita kedepannya untuk mempertahankan seni dan budaya mekepung yang ada di Jembrana ini,” ujar I Made Mara.

Menurut I Made Mara, Bupati Jembrana I Nengah Tamba sangat getol untuk mempertahankan warisan nenek moyang kita, yang sudah menjadi icon Kabupaten Jembrana itu sendiri. “Kami dari Sekaa Mekepung sangat berterima kasih kepada Bupati Jembrana, karena bupati sangat membantu dalam penyelenggaraan mekepung yang ada di Jembrana, beliau sudah membantu atas keberadaan Sirkuit All in One ini, dan juga bupati telah membantu untuk merangsang Sekaa Mekepung ini, dengan memberikan bantuan berupa dana sebesar Rp5 juta dibagi dua, untuk Bupati Cup Rp2,5 juta dan Jembrana Cup Rp2,5 juta, ini sangat membantu,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA