by

Pelatihan Analisis Dampak Regulasi bagi Anggota MSF akan Dilaksanakan di Kabupaten Sarmi

KOPI, Sarmi Dalam kenyataannya dari berbagai kajian yang dilakukan oleh banyak pihak menunjukan bahwa masih ditemukan peraturan perundang-undangan, baik ditingkat pusat maupun daerah yang isinya tidak konsisten/saling bertentangan satu dengan lainnya. Hal tersebut menimbulkan kebingungan bagi pemangku kepentingan. Peraturan dipandang saling tumpang-tindih, dianggap melanggar hak konstitusional warga negara, dan lain sebagainya sehingga dimohonkan judicial review ke Mahkamah Konstitusi dan atau Mahkamah Agung. Banyak peraturan yang tidak sesuai dengan hirarki tata perundang-undangan dan atau memberikan beban ekonomi tambahan kepada masyarakat, dan terkadang juga kurang sesuai dengan kebutuhan.

Menindaklanjuti keprihatinan tersebut, The Asian Foundation (TAF) bekerjasama dengan Yayasan Kiprah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi akan melaksanakan Pelatihan Analisis Dampak Regulasi (Regulatory Impact Assessment) bagi Anggota Multi Stakeholder Forum (MSF) atau biasa disebut Forum Banyak Pihak. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas para pelayan masyarakat, khususnya pemangku kepentingan di Kabupaten Sarmi.

Pelatihan tersebut rencananya akan diadakan selama 3 hari, mulai dari Rabu, 24 Mei s/d Jumat, 26 Mei 2023, bertempat di Rumah Makan Gracia, Kampung Neidam, Distrik Sarmi Kota, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Peserta pelatihan adalah Anggota MSF Kabupaten Sarmi yang diperkirakan berjumlah 35 orang .
Masing-masing berasal dari Perwakilan Pemerintah Daerah, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Anak Muda, LSM, Tokoh Perempuan  dengan rincian : Bapeda 2 orang, Dinas Pertanian 1 orang, Dinas Ketahanan Pangan 1 orang, Dinas Perikanan 1 orang, Dinas Pemberdayaan Kampung 1 orang, Dinas Parawisata 1 orang, Dinas Lingkungan Hidup 1 orang, Bagian Hukum Setda 2 orang, Bagian Petsidangan Setwan 2 orang, Badan Legislasi DPRK 2 orang, Dispenda 2 orang, Diskominfo 1 orang, Disnaker 1 orang, LMA Sarmi 2 orang, WWF Indonesia 1 orang, Samdhana 1 orang, IPI Papua 1 orang, Yayasan Wahana Sarmi Sejahtera-YWSS 1 orang, Intsia 1 orang, Tokoh Pemuda/I 1 orang, Tokoh Agama 1 orang, GTRA 2 orang, RAPPI 1 orang Tokoh Perempuan 1 orang, TAF 1 orang .

Untuk diketahui bahwa MSF adalah Forum Multi Pihak Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan di Kabupaten Sarmi. Keberadaanya sebagaimana Surat Keputusan Bupati Sarmi, Nomor : 184.4/197/Tahun 2021.

Fasilitator yang akan memfasilitasi pelatihan adalah Mohamad Nasir dari Fakultas Hukum Universitas Balikpapan dengan dibantu co-fasilitator Max Fredik Werinussa dari Biro Bantuan Hukum Masyarakat Adat Sarmi.

Setelah diminta konfirmasi terkait rencana pelatihan dimaksud, Sake Marey dari Pihak Yayasan Kipra membenarkan dan menyampaikan akan berkordinasi dulu dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Agus F. Moar, S.Pd, M.Si selaku Plt. Setda Kabupaten Sarmi terkait rencana kegiatan tersebut sekaligus meminta kesediaan untuk menandatangani undangan pelatihan.

Terpisah, Max F. Werinussa yang ditunjuk sebagai co-fasilitator kegiatan menambahkan bahwa tujuan dari Pelatihan Analisis Dampak Regulasi adalah:
1. Meningkatkan wawasan dan pemahaman peserta mengenai penerapan metode Regulatory Impact Assessment (RIA) dalam rangka menyusun suatu produk hukum di Kabupaten Sarmi.
2. Peserta memiliki ketrampilan teknis dalam menganalisis relevansi produk hukum yang telah ditetapkan maupun yang sedang disusun agar lebih obyektif, rasional dan lebih mengedepankan kepentingan yang lebih luas dan berdimensi jangka panjang. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA