by

Hadir Perdana di Papua, Ketum PPWI Lantik Pengurus DPC PPWI Sarmi

KOPI, Sarmi – Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (Ketum PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPWI Kabupaten Sarmi yang diketuai oleh Bapak Max F Werinussa, S,H., bertempat di Café Rasya Garsa, Lembah Neidam, Sarmi, Provinsi Papua, Selasa (09/05/2023). Selain Ketum PPWI, juga hadir Pj. Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, S.H., M.M.; Komandan Komando Distrik Militer 1712 Sarmi, Letkol Inf. Imanuel S.K.; dan Kapolres Sarmi, AKBP Timur Santoso, S.I.k.

Pelantikan Pengurus PPWI Kabupaten Sarmi dipimpin langsung oleh Ketua Umum, Wilson Lalengke, disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir. Pada penanda-tanganan naskah pelantikan, selain Ketum dan Ketua DPC PPWI Sarmi, turut juga bertanda tangan Dandim Imanuel dan Kapolres Timur Santoso masing-masing sebagai saksi pertama dan saksi kedua.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PPWI menyebutkan bahwa pelantikan pengurus DPC PPWI Sarmi adalah yang pertama di seluruh Papua. “Kita sangat bersyukur dan saya bangga terhadap rekan-rekan PPWI Sarmi, yang didukung oleh Pemerintah Daerah Sarmi, sehingga peresmian dan pelantikan DPC PPWI Sarmi dapat dilakukan, dan ini adalah yang pertama sekali di seluruh Papua,” terang Wilson Lalengke.

Pada bagian lain sambutannya, tokoh pers nasional itu menyampaikan bahwa PPWI adalah organisasi pewarta warga yang unik, berbeda dari organisasi wartawan lainnya. “Hadirnya PPWI di Sarmi bukan untuk mencari berita, tetapi menciptakan sumber berita yang akan menjadi informasi bagi masyarakat. Anggota PPWI bukanlah seperti wartawan yang kesana-kemari mencari atau meliput berita. Pewarta warga PPWI adalah orang-orang kreatif yang melakukan berbagai kegiatan di tempatnya masing-masing, dan berbagai kegiatan yang dilakukannya itu menjadi berita untuk dimuat di media-media yang tergabung dalam PPWI Media Group,” jelas Wilson Lalengke lagi.

Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu berharap semoga PPWI Sarmi dapat menjalankan fungsinya sebagai pewarta warga yang berperan membantu pemerintah dan masyarakat setempat. “PPWI Sarmi akan menjadi mitra kerja Pemerintah Daerah dalam mensosialisakan program-program pembangunan, sekaligus menjadi control social dalam pelaksanaan program-program yang menggunakan anggaran negara tersebut,” tambah Wilson Lalengke.

Pada kesempatan ini pula, Pj. Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, S.H., M.M., dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal mengenai perkembangan informasi di Kabupaten Sarmi yang belum maksimal. Oleh karena itu, Mansnembra mengharapkan dengan hadirnya PPWI dan terbentuknya kepengurusan PPWI di Kabupaten Sarmi, pengurus dapat berkonstribusi dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sarmi untuk memberikan informasi ke dunia luar tentang keadaan dan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Sarmi, sehingga sarmi dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Diakhir acara pelantikan Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke menyerahkan Piagam Penghargaan, diantaranya kepada Pj. Bupati Sarmi, Dandim 1712, Kapolres, Dinas Kominfo, Kesbangpol, LMA dan Lembaga Kultur Adat Kabupaten Sarmi. (Ema)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA