by

Panen Tanaman Program Hatinya PKK, Nyonya Candrawati Tamba: Manfaatkan Lahan Sekecil Apapun

KOPI, Jembrana – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana Nyonya Candrawati Tamba melaksanakan kunjungan dan memanen tanaman di rumah I Nyoman Suanda salah satu warga yang berhasil melaksanakan program ‘Hatinya PKK’ yang beralamat di Banjar (Dusun-red) Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Jumat (16/8/2022). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi pelaksanaan family farming (konsep kebun keluarga) sebagai wujud progam halaman asri, teratur, indah dan nyaman ‘Hatinya PKK’.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara, Perbekel Desa Baluk dan seluruh anggota PKK Kabupaten, Kecamatan serta kader Desa Baluk.

I Nyoman Suanda didampingi istri beserta seluruh anggota keluarga berhasil memanfaatkan pekarangan menjadi produktif dengan menaman berbagai jenis sayuran seperti, kangkung, kacang panjang, kacang tanah, cabai, terong, dan tomat. Sedangkan untuk  tanaman buah-buahan seperti jambu, aplukat, pepaya dan pisang. 

Saat ditemui awak media Pewarta Indonesia usai pelaksanaan panen, Ketua TP-PKK Nyonya Candrawati Tamba menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh salah satu warga di Desa Baluk tersebut tentu keberhasilan dari pelaksanaaan program ‘Hatinya PKK’. “Menurut tyang (saya) ini sebagai contoh yang bagus, yang harus diaplikasikan di setiap rumah tangga di Jembrana. Setiap keluarga mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri, sehingga dapat menekan uang belanja bahkan jika hasilnya lebih dapat dijual sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian keluarga,” ucap Candrawati Tamba.

lanjutnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Jembrana Candrawati Tamba mengatakan bahwa hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemkab Jembrana dibawah kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna untuk mendorong setiap rumah tangga dapat mewujudkan kemandirian pangan. “Manfaatkan lahan sekecil apapun untuk menanam, dan berproduksi kebutuhan pangan sehari-hari. Sehingga jangan sampai ada lahan yang kosong, harus produktif,” saran Candrawati Tamba.

Terkait hal tersebut, Nyonya Candrawati Tamba mengajak seluruh anggota TP-PKK agar menerapkan program ‘Hatinya PKK’ dengan melakukan, mulai dari halaman rumah sendiri yang selanjutnya dapat dikembangkan ke seluruh anggota PKK mulai dari tingkat banjar (dusun-red) sampai kabupaten. “Saya berharap kepada PKK di Kabupaten Jembrana agar ke depannya tetap maju, mulai desa dan kelurahan harus ada kegiatan, apalagi di tengah masa sulit seperti ini, agar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kehidupan dan kesehatan bagi tubuh kita,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA