by

Buka Bimtek LPM, Bupati Jembrana: LPM harus Mampu Memberdayakan Masyarakat

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang diikuti sebanyak lima puluh satu peserta LPM dari masing-masing desa se- Kabupaten Jembrana, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno Jembrana, Bali, Kamis (14/7/2022). Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan peran aktif LPM.

Terselenggaranya bimbingan teknis LPM untuk memperkuat lembaga di desa se-Kabupaten Jembrana. Supaya terjalinnya suatu kegiatan diharapkan dengan adanya Bimtek kegiatan tersebut dapat bekerja sama dengan desa dan diharapkan dapat mandiri sesuai dengan amanah Undang-undang No. 06 tahun 2014.

Sementara dalam arahannya BupatiTamba menyampaikan bahwa LPM desa/kelurahan memiliki peran dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta meningkatkan pelayanan desa/kelurahan. “Untuk itu LPM harus mampu memberdayakan masyarakat, menyerap dan menampung aspirasi masyarakat serta mengusulkan program dan kegiatan kepada pemerintah desa/kelurahan,” ujar Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan, bahwa LPM sebagai mitra pemerintah, dan diharapkan mampu menjadi penyambung lidah pemerintah terhadap masyrakat terkait informasi kebijakan dan program Pemkab Jembrana. Khususnya dalam mewujudkan masyarakat Jembrana menuju Jembrana Emas 2026.

“Ini penting bagaimana agar masyarakat bisa mengerti terhadap kebijakan pemerintah, dengan adanya Bimtek ini diharapkan kepada para peserta dapat meningkatkan peran aktif, sesuai tugas dan fungsinya sebagai LPM di desanya masing-masing, oleh karena itu saya meminta ikuti pelatihan ini dengan baik,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ir. I Made Yasa, M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan bimbingan teknis kali ini melibatkan para Ketua LPM se-Kabupaten Jembrana, diikuti oleh lima puluh satu orang. “Pelaksanaan bimbingan Teknis LPM tersebut dilaksanakan selama satu hari, selanjutnya setelah Bimtek ini para Ketua LPM juga akan melaksanakan Study Tiru Orientasi Lapangan ke daerah lain yang nantinya dijadikan bahan penerapan dan hasilnya akan disepakati bersama,” ucap Kadis PMD, I Made Yasa. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA