by

Wabup Patriana Dampingi Sekdes se-Jembrana Studi Tiru dan Dorong Digitalisasi Pelayanan Desa 

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mendampingi Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kabupaten Jembrana. Dalam rangka studi tiru, terkait standar pelayanan minimal desa berbasis digital, bertujuan untuk mendorong seluruh desa dan kelurahan agar mampu mewujudkan palayanan yang berbasis digital, yang dilakukan di Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/3/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Semarang, Moh. Edy Sukarno; Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Jembrana, Sodikin; dan seluruh perangkat serta Sekdes se-Jembrana dan perangkat desa setempat.

Terkait hal tersebut, saat ini tengah gencar-gencarnya pemerintah pusat dan daerah sedang mewujudkan digitalisasi pelayanan publik, sehingga mampu menghadirkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif. Dalam hal ini Wabup Patriana Krisna menyampaikan bahwa “Kita telah melihat bersama, apa yang diterapkan di Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang ini sudah sangat bagus, berbagai macam pelayanan dilakukan secara digital.”

“Saya mendorong hal yang seperti ini bisa diwujudkan di Jembrana, selain mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan, juga prosesnya dieksekusi dengan cepat dan efektif, karena semua sudah serba online,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Lebih lanjut Wabup Patriana Krisna juga berharap apa yang didapat dari studi tiru ini menjadi bekal ilmu yang luar biasa yang diperoleh sekdes se-Jembrana. Dengan demikian sehingga dapat membangun desa ke arah yang lebih maju.

Lanjutnya, Wabup Patriana Krisna yang berasal dari Kelurahan Tegal Cangkring tersebut, mengatakan bahwa digitalisasi pelayanan desa yang diterapkan ini menjadi bagian penting dan sejalan dengan program saat ini, yang diwujudkan di Kabupaten Jembrana. “Di Kabupaten Jembrana sendiri terdapat berbagai langkah inovasi yang telah diwujudkan Jembrana satu data berbasis SDGs.”

“Kemudian bagaimana mewujudkan kemandirian desa dan kebahagiaan masyarakatnya, melalui program Desa Mandiri Bahagia. Dan mengembangkan desa wisata serta desa kreatif yang berbasis digital. Tentu dengan dukungan digitalisasi pelayanan yang sudah lengkap di dalamnya, kita yakin program tersebut akan dapat dieksekusi dengan sukses,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Banyubiru, Sri Anggoro Siswaji menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Jembrana serta seluruh Sekdes se-Kabupaten Jembrana yang  telah hadir di Desa Banyubiru ini. “Terima kasih Pak Wabup Jembrana serta rekan-rekan Sekdes sekalian, semoga program digitalisasi pelayanan ini nantinya bisa diaplikasikan di Jembrana, karena impact sangat betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Begitu juga dengan program-program yang ada di Jembrana, bisa kami serap dan kami aplikasikan di desa kami tercinta,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA