by

Bupati Tamba Terima Kunjungan BKSAP DPR-RI Terkait Program Unggulan di Jembrana

KOPI, Jembrana – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, beserta anggota DPR-RI melakukan kunjungan kerja terkait peran strategis diplomasi parlemen dalam pencapaian SDGs dan pemulihan industri pariwisata di masa pandemi. Kunjungan tersebut disambut Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, bersama Wabup Patriana Krisna, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Selasa (31/08/2021).

Dalam kegiatan tersebut,  Bupati Tamba didampingi Sekda Jembrana, I Made Budiasa; Para Asisten Sekda dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Jembrana; Poltek Perikanan Jembrana, ASDP Gilimanuk, PLUT Jembrana sebagai wadah UMKM Jembrana.

Wakil Ketua BKSAP DPR-RI, Putu Supadma Rudana mengatakan, bahwa suatu kebahagiaan dan kehormatan bisa hadir di Kabupaten Jembrana yang letaknya paling ujung barat di Provinsi Bali. “Apalagi saat tiba di sini, kami langsung bertemu dengan Bupati Jembrana, Wabup, beserta jajarannya. Tentu ini menjadi sebuah momentum kebersamaan/sinergi antara DPR-RI dengan Pemkab Jembrana,” ucap  Putu Supadma Rudana.

Wakil Ketua BKSAP DPR-RI Putu Supadma Rudana, selama ini senantiasa berkeliling Indonesia sebagai Duta dari Parlemen, guna menyuarakan program-program yang ada di pusat untuk bisa disalurkan ke daerah. Selain itu juga menyuarakan kepentingan bangsa dan negara di kancah internasional.           

Lanjutnya, Wakil Ketua BKSAP DPR-RI mengatakan bahwa, “Untuk saat ini, kami memilih berkunjung ke Kabupaten Jembrana, hal ini merupakan sebuah momentum yang baik, karena kami tahu bahwa Kabupaten Jembrana memiliki potensi yang begitu luar biasa. Bukan hanya di bidang seni budaya saja, seperti Mekepung, Jegog dan kulinernya, tetapi saya baru tahu juga, potensi tenunnya yang luar biasa.

Selain itu terkait hal-hal lain yang berhubungan dengan pembangunan yang direncanakan oleh Bupati Jembrana begitu luar biasa, diantara seperti TikTop (Tibu Kleneng Tower Park) yang nanti diharapkan menjadi “Landmark” di Kabupaten Jembrana, termasuk Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan gilimanuk, hal ini penting bagi Kabupaten Jembrana, mengingat sebagai pintu gerbang masuk Bali melalui jalur darat.

“Artinya kami akan kawal hal ini, tentu dengan sinergi bersama dengan Pihak Angkutan Sungai Danau Penyemberangan (ASDP), agar ini menjadi pintu gerbang terbaik, bukan yang biasa-biasa saja,” ujar Putu Supadma Rudana. 

Terkait pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, pihaknya juga berharap segera bisa terealisasi. Seperti diketahui jalan tol ini akan melewati 5 kecamatan di Kabupaten Jembrana sepanjang 54 km, tapi nantinya total keseluruhannya sepanjang 95 km. “Ini kita akan kawal juga, agar waktu tempuh yang sebelumnya lama bisa dipangkas sehingga lebih cepat, bukan sampai di sana saja, secara desain juga harus menampung kearifan lokal, agar di jalan itu juga mengakomodir masyarakat lokal untuk bisa menjual produk UMKM-nya, dan perekonomian masyarakat juga disupport. Jadi bukan jalan tolnya saja yang penting, tapi lebih kepada memberikan dampak atau sumbangsih yang besar kepada masyarakat dalam pembangunan ekonomi,” ucap Wakil Ketua BKSAP DPR-RI Putu Supadma Rudana.

Lebih lanjut, Anggota DPR-RI Dapil Bali tersebut menuturkan BKSAP hadir secara menyeluruh, lintas Fraksi dan lintas Komisi. “Kami hadir beberapa komisi yaitu Komisi VI, Komisi IV, V, IX, XI dan Komisi VIII, hal ini menjadi beda, karena yang hadir adalah lintas Fraksi dan lintas Komisi.

Jika hanya komisi yang hadir hanya fokus pada satu hal, tapi BKSAP hadir guna menampung berbagai hal. Kami juga sudah berkomitmen menjadi duta penyuara bagi Kabupaten Jembrana, melihat dari  potensi yang luar biasa dimiliki oleh Kabupaten Jembrana, maka kita akan kawal dengan baik. Nantinya kami sangat setuju, Jembrana Kembali Jaya, Jembrana Kembali Bangkit, dan Jembrana Bahagia untuk mewarnai perekonomian di Bali disamping pariwisata yang maju, juga potensi kelautaan dan perikanan serta pertanian khususnya Coklat Jembrana.

“Dan kami akan membawa ini ketingkat nasional dan internasional untuk menyuarakan potensi di Jembrana ini,” imbuhnya.    

Sementara itu, Bupati Tamba menyampaikan dengan kehadiran BKSAP DPR-RI ke Kabupaten Jembrana menjadi momentum yang sangat luar biasa. “Harapan kami sangat besar untuk menitipkan kabupaten Jembrana, dari sekian program kerja kami ke depan, melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat kecil tentu tidak bisa dikerjakan. Namun kami sangat optimis dengan kehadiran BKSAP ini mampu mengawal sehingga bisa terealisasi,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, beliau juga memohon doa restu kepada masyarakat  Kabupaten Jembrana agar beberapa rencana besar itu dapat terealisasi. “Kami mohon dukungan dan doa restunya. Jadilah public relations, menceritakan hal baik bagi kabupaten Jembrana,” harap Bupati Tamba.

Dalam acara tersebut diisi pula dengan diskusi-diskusi terbuka kepada anggota DPR-RI mengenai segala aspek dan hal yang ingin disampaikan oleh para tamu undangan mengenai bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif. (Humas/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA