by

Kelebihan dan Kekurangan Jam Digital yang Perlu Anda Ketahui

KOPI, Jakarta – Sejak pertama kali adanya jam dalam peradaban manusia yaitu sekitar 3500 SM jam selalu menjadi benda penting dan tak terpisahkan dari peradaban manusia hingga saat ini, fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu membuat benda ini selalu dibutuhkan di peradaban manusia manapun dan di zaman apapun.

Sejak 3500 SM teknologi jam terus berkembang hingga menjadi teknologi jam yang sering kita lihat dan gunakan saat ini, setelah ribuan tahun teknologi jam yang awalnya hanya berupa jam matahari kini telah berkembang menjadi jam analog dan jam digital.

Kini teknologi jam yang populer digunakan masyarakat merupakan jam analog dan jam digital, keduanya populer digunakan sebab hingga saat ini belum ada teknologi jam terbaru. Meski begitu bukan berarti para ilmuan dan ahli jam tidak melakukan apa-apa terhadap teknologi jam, mereka terus menerus menyempurnakan teknologi jam analog dan jam digital agar kedua teknologi jam tersebut menjadi lebih akurat, presisi, tangguh, dan punya lebih banyak fitur-fitur berguna.

Dengan berbagai penyempurnaan teknologi jam analog dan jam digital, saat ini teknologi jam analog dan jam digital bisa dibilang sama saja bagusnya jika hanya digunakan untuk menunjukkan waktu di kegiatan sehari-hari, meski tentunya kedua teknologi jam tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ngomong-ngomong soal kelebihan dan kekurangan, sesuai judul artikel kali ini saya akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada teknologi jam digital.

Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Kelebihan dan Kekurangan Jam Digital

Berikut ini beberapa keunggulan dan kekurangan dari jam digital berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan.

Kelebihan :
  • Senyap. Berbeda dengan jam analog yang menggunakan jarum untuk menunjukkan waktu, jam digital menggunakan LED sehingga tidak ada bunyi detak jam yang dihasilkan dari pergerakan jarum.
  • Akurat dan Presisi. Kelebihan yang satu ini juga masih berhubungan dengan penggunaan LED dalam jam digital, penggunaan LED yang minim latensi memungkinkan jam digital untuk menunjukkan waktu secara akurat hingga ke level mikrodetik.
  • Punya banyak Fitur. Mayoritas jam digital yang beredar dipasaran (ex : Jam tangan digital, jam digital masjid, jam digital box, smartwatch) tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu saja, rata-rata jam digital memiliki fitur-fitur lain seperti alarm, timer, dan stopwatch.
  • Lebih mudah dibaca. Berbeda dengan jam analog yang menunjukkan pukul, menit, dan detik dengan 3 jarum jam yang berbeda, jam digital menunjukkan pukul, menit, dan detik secara berurutan dalam display LED sehingga membuatnya mudah dibaca.
Kekurangan :
  • Lebih boros baterai. Mayoritas jam digital lebih boros dalam hal pemakaian baterai jika dibandingkan dengan jam analog, hal ini disebabkan karena penggunaan LED dan juga karena adanya fitur yang mengakibatkan baterai lebih boros seperti halnya fitur alarm.
  • Sedikit lebih Mahal. Jika dibandingkan dengan harga jam analog yang ada di pasaran, jam digital bisa dibilang lebih mahal meskipun perbedaan harganya tidaklah terlalu besar.

Demikian beberapa keunggulan dan kekurangan dari teknologi jam digital yang bisa saya sampaikan, semoga bisa sedikit membantu bagi Anda yang mungkin sedang bingung memilih antara jam analog dan jam digital.

Sekian, dan terimakasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk berkunjung dan membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA