by

Informasi Bisnis untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

KOPI, Jakarta – Pandemi covid-19 mengubah semua yang ada di dalam kehidupan manusia, termasuk di dalamnya kehidupan berbisnis. Banyak sekali tatanan yang berubah, dan mau tidak mau manusia harus menyesuaikan hal tersebut.

Meskipun begitu masih banyak hal tentang informasi bisnis mahasiswa kekinian saat pandemi yang bisa dimanfaatkan. Informasi ini akan sangat berguna bagi mahasiswa yang sedang mempunyai banyak waktu luang dan bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Disini akan diberikan informasi bisnis mahasiswa kekinian saat pandemi yang sangat bermanfaat, dan tentunya memberikan keuntungan yang besar kepada pelakunya.

Ide Bisnis yang Cocok Dilakukan Saat Pandemi

Meskipun pandemi, dan banyak pihak yang mengeluhkan tentang sepinya bisnis yang dijalani namun ternyata masih ada beberapa ide bisnis saat pandemi yang bisa dilakukan. Tentunya ide bisnis ini bisa memberikan keuntungan kepada pelakunya, sehingga sangat sayang apabila tidak dicoba. Adapun ide bisnis tersebut menurut Banjar Smart Digital, diantaranya.

1. Bisnis Masker Kain

Peluang usaha pertama yang bisa dicoba, dan yang paling menguntungkan adalah bisnis masker kain. Karena seperti yang diketahui, bahwa masker merupakan alat perlindungan yang paling dicari saat masa pandemi seperti ini. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mencoba berbisnis masker ini di rumah.

2. Pakaian

Selanjutnya adalah bisnis pakaian yang memiliki banyak sekali jenis usaha, dan bisa dipilih salah satunya. Apabila memiliki kemampuan menjahit yang bagus, dan mengerti kesehatan maka tidak ada salahnya untuk membuat alat perlindungan diri (APD). Lalu bisa juga berbisnis pakaian yang tetap fashionable  meskipun digunakan di rumah saja.

3. Perlengkapan Kesehatan

Banyak yang menyebut ini sebagai bagian dari new normal kit atau perlengkapan di era new normal. Dalam perlengkapan ini terdapat beberapa perlengkapan kesehatan yang harus dimiliki dan digunakan. Jadi mencoba berbisnis perlengkapan kesehatan tentunya merupakan hal yang patut untuk dicoba, seperti hand sanitizer, dsb.

4. Alat Kebersihan

Masih termasuk ke dalam bagian dari new normal kit alat kebersihan juga bisa menjadi ladang bisnis baru yang menguntungkan. Karena disaat pandemi seperti ini masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan. Sehingga tentunya bisnis yang satu ini bisa mendapatkan banyak pelanggan, dan sangat menguntungkan.

5. Minuman Literan

Entah mengapa, namun minuman yang dikemas dalam ukuran literan ini sangat laku saat masa pandemic seperti ini. Salah satu jenis minuman yang paling laku adalah kopi dalam kemasan ready to go dan diletakkan ke dalam tumblr. Jadi konsumen hanya tinggal meminumnya saja ketika sedang ingin.

6. Cemilan Kekinian

Usaha yang Menjanjjikan masih dari sektor makanan, namun kali ini adalah cemilan kekinian yang sangat sayang apabila dilewatkan. Karena sekarang kebanyakan aktifitas dilakukan di rumah, dan biasanya saat melakukannya orang-orang membutuhkan camilan. Hal ini biasanya sebagai teman untuk melakukan kegiatan.

7. Asuransi Kesehatan

Karena pandemi seperti ini masyarakat mulai aware atau peka dengan yang namanya masalah kesehatan. Sehingga masyarakat mulai menyadari bahwa asuransi kesehatan sebagai perlindungan sangatlah penting kehadirannya. Jadi bisnis yang satu ini tentunya semakin memiliki banyak pelanggan disaat seperti ini.

8. Makanan Beku

Bisa dikatakan bahwa makanan beku it’s the real new normal karena masyarakat tidak ingin terlalu sering pergi keluar untuk berbelanja. Jadi akhirnya memutuskan untuk menyetok makanan saja di rumah untuk persediaan. Salah satu makanan yang paling cocok, dan paling bisa dijadikan peluang usaha adalah makanan beku.

9. Kecantikan

Akibat pandemic, semua bisnis mati salah satunya adalah bisnis dibidang kecantikan seperti salon, dsb. Untuk mengakali hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba strategi baru. Dalam hal ini pelaku bisnis bisa mulai mencoba untuk melakukan teknik jemput bola dalam hal menarik minat pelanggan.

10. Ekspedisi

Terakhir adalah inspirasi bisnis yang tidak hanya cocok disaat pandemi, namun juga cocok untuk segala kondisi. Karena memang seperti yang diketahui bahwa bisnis seperti ekspedisi ini tengah melejit pesat. Sehingga bisnis ini merupakan salah satu ide bisnis yang wajib dicoba.

Mempertahankan Bisnis Dikala Pandemi Merupakan Langkah yang Sulit. Hal yang sulit ketika berbisnis bukanlah saat membangunnya, namun untuk mempertahankannya apalagi di saat pandemi seperti ini. Usaha yang dilakukan harus lebih besar lagi untuk memastikan bisnis tetap bisa berdiri.

Tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengusaha supaya bisnisnya tetap berjalan dengan aman. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis dikala pandemi ini diantaranya adalah:

  • Jangan bosan dalam melakukan inovasi;
  • Perhatikan standar kualitas produk, dan menaikkan standar yang ada;
  • Memanfaatkan hal-hal digital dengan baik;
  • Memperhatikan kondisi keuangan bisnis dengan seksama;
  • Berhemat, ini merupakan hal yang penting;
  • Selalu melakukan peninjauan, dan jangan lupa untuk melakukan evaluasi;
  • Perhitungan terhadap asset yang dimiliki merupakan hal penting;
  • Membuat perusahaan dikenal lebih luas, namun dengan biaya yang murah;
  • Memberikan pengertian kepada karyawan, dan lakukan komunikasi dengan baik.

Itulah tadi informasi bisnis mahasiswa kekinian saat pandemi yang bisa disampaikan, dari mulai ide bisnis sampai bagaimana cara mempertahankannya. Sehingga mahasiswa, ataupun masyarakat biasa jangan lemas dalam menghadapi pandemi.

Tetap semangat, dan jangan menyerah untuk membangun bisnis yang diinginkan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

WARTA MENARIK LAINNYA