by

Tips Memilih Jasa Backlink Terbaik dan Terpercaya

KOPI, Kediri – Membangun link melalui backlink adalah salah satu teknik SEO Off-Page yang kerap digunakan jasa SEO profesional. Biasanya, jasa backlink bisa didapatkan langsung pada jasa SEO. Jika anda memilih paket jasa SEO Off Page, layanan backlink sudah termasuk di dalamnya. Namun belakangan, mengingat pentingnya peran backlink terhadap upaya optimasi web atau blog, banyak agensi yang menawarkan jasa backlink tersendiri. Jadi, pemilik web atau blog bisa fokus pada satu teknik saja untuk meningkatkan popularitas web atau blognya.

Apa sebenarnya yang dimaksud backlink? Seperti namanya, backlink adalah link atau tautan yang mengarah ke website anda. Tentunya, tautan tersebut berasal dari situs lain. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan popularitas sebuah situs. Artinya, di mana tautan tersebut berasal adalah sesuatu yang penting.

Misalnya, jika link yang mengarah ke situs anda berasal dari situs populer seperti Wikipedia, maka pembaca akan cenderung percaya. Jadi, kemungkinannya meng-klik tautan tersebut semakin tinggi. Sebaliknya, jika link tersebut datang dari blog gratis yang tampilannya tidak profesional, pembaca bisa saja mempertanyaan profesionalisme situs anda.

Mengapa Memilih Jasa Backlink Yang Memberi Link Berkualitas?

Tips Memilih Jasa Backlink
Sumber: Investasi.online

Sebenarnya, memilih jasa backlink berkualitas sama dengan memilih jasa SEO. Hal utama yang perlu diperhatikan tentu saja kualitas layanan dan reputasi agensi yang menjadi mitra kerja anda. Bagaimanapun juga, anda akan mempercayakan website anda kepada sebuah agensi dengan biaya kerjasama yang tidak kecil. Oleh sebab itu, anda membutuhkan tips jitu memilih jasa backlink terbaik dan mampu memberikan link yang berkualitas bagi website atau blog bisnis anda.

Anda mungkin bertanya, “Bukankah link sama saja? Asalkan banyak link, bukankah website saya populer?”, atau “Apa maksudnya link berkualitas? Apakah itu penting?” Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya tidaklah sesederhana yang anda pikirkan.

Perlu diketahui bahwa teknik SEO OffPage mengoptimasi sebuah web atau situs, namun dilakukan dari luar web tersebut. Tujuannya tetap sama dengan SEO On-Page, yakni menaikkan posisinya di SERP. Namun, strateginya berbeda. Backlink adalah metode SEO Off-Page yang paling banyak digunakan. Di masa lalu, jasa SEO bisa saja mengandalkan software otomatis sebagai model backlink otomatis. Namun, metode itu sudah ketinggalan zaman, karena alasan berikut:

  1. Google melakukan perubahan algoritmanya secara terus-menerus. Dengan perubahan algoritma dalam proses indexing, jasa SEO harus melakukan penyesuaian dan mencari model optimasi yang tepat, sehingga web yang dioptimasi memiliki page rank yang lebih baik.
  2. Google sudah mulai mendeteksi ketidakberesan dengan metode backlink dengan software. Metode backlink ini semakin rentan terdeteksi oleh algoritma Google yang dikenal dengan nama Google Penguin. Jika terdeteksi oleh Google, maka hal itu dianggap kecurangan dan akibatnya sangat fatal terhadap web atau situs anda. Sanksi-nya bukan hanya penurunan posisi di SERP, namun juga sanksi berupa de-index.

Google Penguin sangat aktif mencari situs-situs yang dicurigai menggunakan sistem backlink spamming yang tidak berkualitas. Jika tidak ingin situs anda menjadi sasaran ‘amukan Penguin,’ maka anda harus membangun popularitis web dengan backlink berkualitas yang bisa diperoleh dengan teknik manual. Artinya, teknik ini benar-benar mengandalkan keahlian jasa SEO.

BACA JUGA: Jasa Backlink Media Nasional Terbaik & Terpercaya.

Cara Memilih Jasa Backlink Terpercaya

Sebelum mencari jasa backlink untuk membantu meningkatkan popularitas web atau blog anda, hal terpenting yang anda harus tetapkan adalah target anda sendiri. Apa sebenarnya yang anda inginkan dengan backlinks tersebut? Dengan target yang jelas, anda bisa menentukan kriteria jasa backlink yang dapat membantu mewujudkannya. Berikut adalah beberapa tujuan umum dari optimasi web atau blog dengan backlinks.

  • Posisi Website di Page Rank

Tentunya ini adalah tujuan pertama dari optimasi web atau blog. Berada di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page, atau SERP) adalah modal untuk menarik lebih banyak pengunjung ke website anda. Bagaimana mungkin calon konsumen berkunjung ke web anda jika mereka bahkan tidak tahu keberadaan web tersebut?

Jadi, target pertama adalah tampil di halaman pertama, ketika seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Misalnya, ketika seseorang mencari “karpet Turki asli” di mesin pencari (terutama Google), maka web bisnis andalah yang muncul di halaman pertama. Artinya, peluang calon konsumen berkunjung ke alamat web anda lebih tinggi dibanding usaha yang sama namun webnya muncul di halaman kedua dan seterusnya.

  • Backlink Relevan

Jasa backlink profesional tidak hanya menyediakan link berkualitas, namun juga backlink yang memang baik secara fisik namun juga disukai Bot Google. Backlink bagus tidak akan memberati sistem, sehingga ringan dan mudah diakses. Strukturnya juga baik serta tidak membingungkan pengunjung.

Backlink dikatakan relevan jika kedua halaman (halaman sumber tautan) dan halaman web anda terkait satu sama lain. Misalnya, keduanya berada di niche yang sama. Link yang relevan memberi efek yang besar terhadap situs anda. Namun, jika niche situs anda adalah kesehatan dan tiba-tiba ada backlink dari web page dengan niche automotif, maka Google akan mencurigainya.

  • Optimasi Sesuai Aturan

Google memiliki aturan tertentu untuk optimasi sebuah situs. Sebuah situs yang terdeteksi melanggar aturan akan mendapat penalty. Berikut adalah beberapa contoh kasus backlink yang dapat membahayakan situs anda:

  1. Pertukaran backlink. Misalnya, anda memiliki dua situs atau web, dan anda mempertukarkan link antara keduanya. Jika Google Penguin mendeteksinya, website anda dalam bahaya!
  2. Link pada blog network. Google tidak menyukai ini. Anda mungkin pernah melihat adanya komentar yang tidak relevan disertai link ke situs tertentu pada kolom comment di bagian akhir artikel blog. Ini adalah salah satu bentuk spamming yang bisa terdeteksi Google.
  3. Link berbayar. Anda mungkin lolos PageRank dalam waktu cepat dengan link berbayar. Penguin akan mencurigai link yang semacam ini.
  4. Link di artikel directory. Anda mungkin pernah melihat artikel di halaman utama sebuah situs atau web. Di bagian akhir artikel ada tumpukan keyword dan link yang susunnya tidak beratura. Jika terdeteksi, Google akan menurunkan popularitas website semacam ini.
  5. Link dari situs luar negeri. Anda mungkin bangga jika mendapatkan link dari situs luar negeri. Namun jangan salah, Google akan mencurigai situs yang menerima backlink semacam ini. Misalnya, jika web atau situs anda berbahasa Indonesia, namun tiba-tiba ada link dari situs yang berbahasa Perancis, maka situs anda akan berada di bawah pengawasan ketat Penguin.

Sebenarnya, masih ada beberapa bentuk ‘manipulasi’ link yang kerap menjadi bahan perhatian Google Penguin. Misalnya adalah link yang masuk dari content yang berkualitas rendah, atau link dari sumber-sumber yang tidak wajar, seperti widget, footer atau sidebar. Link berkualitas serta optimasi yang tidak ‘melanggar’ aturan Google akan berdampak baik bagi situs anda. Lalu, bagaimana cara mencari jasa backlink yang terbaik?

Tips Menemukan Jasa Backlink Terbaik & Berkualitas

Mencari jasa backlink terbaik dan mampu memberikan link berkualitas mungkin tidak serumit yang anda bayangkan. Syaratnya, anda harus mengetahui beberapa kriteria yang wajib dimiliki jasa backlink, di antaranya:

  • Layanan Analisa Website

Sebelum menetapkan biaya jasa optimasi situs atau web, jasa backlink idealnya harus melakukan analisa terhadap website anda terlebih dahulu. Layanan ini mestinya tersedia secara gratis karena harus dilakukan sebelum mematok harga. Namun, jika jasa backlink langsung memasang tarif tanpa melihat website anda, atau jika mereka meminta biaya tambahan untuk analisa web, maka sebaiknya anda mencari jasa backlink lain.

Kemampuan analisa web secara cepat adalah salah satu indikator profesionalisme sebuah agensi backlink. Jika mereka meminta biaya tambahan dengan berbagai alasan, maka profesionalismenya pantas dipertanyakan.

  • Riset Kata Kunci

Di tahap awal, jasa backlink mungkin akan menanyakan kata kunci yang anda bidik. Kemudian, mereka akan menganalisa keyword tersebut. Seperti diketahui, tingkat persaingan sebuah keyword akan menentukan strategi apa yang dibutuhkan untuk membangun backlink. Semakin tinggi persaingan, semakin sulit menarik perhatian Google. Artinya, semakin banyak strategi yang harus diterapkan.

Jumlah strategi yang mesti diterapkan ini berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Tentu saja, keyword yang anda pilih akan menentukan biaya optimasi via backlink. Jasa backlink profesional semestinya mampu menjelaskan posisi kata kunci yang sedang anda bidik. Jika dinilai terlalu umum dan persaingannya terlalu tinggi, mereka bisa menawarkan alternatif kata kunci yang sesuai.

  • Kepuasan Konsumen

Konsumen yang puas berpeluang lebih tinggi untuk datang kembali dibanding konsumen yang tidak puas. Dalam hal layanan backlink, kepuasan bisa ditunjukkan dalam bentuk pernyataan (review), laporan, atau testimony konsumen. Meski demikian, anda juga harus waspada dengan kemungkinan penipuan di balik testimony.

Anda bisa saja masuk ke sebuah situs yang mendapat review positif. Namun, begitu kerjasama berjalan, semuanya mulai terungkap. Jadi, pastikan reveiw atau testimony tersebut berasal dari konsumen yang sudah terverifikasi. Jika memungkinkan, kunjungi situs atau web yang terdaftar di website jasa backlink. Cek apakah mereka benar-benar menggunakan jasa backlink yang sedang anda incar.

  • Harga Rasional

Seperti dijelaskan di atas, harga untuk setiap paket optimasi web semestinya tidak sama, karena setiap situs atau web pastinya memiliki kondisi awal yang berbeda-beda dan target yang berbeda pula. Meski demikian, ada juga jasa backlink yang menawarkan harga paket dengan sistem range.

Satu hal yang perlu dipastikan adalah harga yang anda bayarkan sesuai dengan layanan yang diterima. Jika situs atau web anda masih baru dan belum pernah dioptimasi, sementara agensi menawarkan harga yang murah dengan hasil yang cepat, anda mestinya mewaspadai kalau ada sesuatu yang tidak beres. Mustahil sebuah agensi menawarkan paket murah untuk pekerjaan yang berat.

Sebaliknya, anda juga harus waspada dengan harga paket yang mahal disertai iming-iming layanan ekstra dan bonus di sana-sana. Pelajari setiap layanan ekstra atau bonus yang ditawarkan. Benarkah anda benar-benar membutuhkannya? Pertanyaan ini membantu anda mengidentifikasi kebutuhan yang sesungguhnya. Untuk apa anda membayar mahal untuk layanan yang sebenarnya tidak dibutuhan?

  • Hasil Rasional

Ada kalanya, target peringkat 1 di halaman 1 SERP terdengar terlalu obsesif. Sebenarnya, hal ini ada dasarnya. Biasanya, posisi 1 hingga 3 justru dialokasikan Google untuk situs atau web dengan iklan berbayar. Jika agensi anda melakukan optimasi secara manual namun berkualitas, situs anda bisa mendapat Page Rank pertama, namun tidak di peringkat 1. Berada di halaman 1 saja sudah menjadi prestasi, karena anda harus bersaing dengan puluhan atau bahkan ratusan web dengan niche yang sama dengan anda.

Jadi, jika sebuah agensi menjanjikan peringkat 1 kepada web anda, periksa lagi reputasinya. Benarkan agensi tersebut benar-benar pernah menempatkan situs client pada posisi ke-1. Sekalipun pernah, anda tetap harus hati-hati. Agensi tersebut bisa saja menggunakan teknik khusus yang sebenarnya tidak disukai Google. Akibatnya, saat terdeteksi, maka situs anda akan menjadi korban ‘kemarahan Google Penguin.”

Sekali lagi, yang anda butuhkan adalah link berkualitas, meski dibutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkannya. Apa gunanya link yang banyak dan instan kalau tidak bertahan lama dan bahkan bisa mengancam website anda?

  • Teruji

Persaingan di industri jasa backlink tidaklah mudah. Banyak agensi menawarkan layanan yang sama. Jadi, untuk bertahan selama bertahun-tahun di bisnis ini juga tidak mudah. Jika ada agensi backlink yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, anda bisa mempertimbangkannya sebagai mitra.

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Pertama, anda bisa melihat di bagian bawah web agensi tersebut. Biasanya, akan tertulis “copyright….” yang diikuti dengan tahun pembentukan website. Bisa saja, sebuah agensi mengaku telah hadir bertahun-tahun dan melayani banyak client, namun tahun pembentukan website tidaklah bisa dimanipulasi.

Selain itu, anda bisa melihat eksistensinya melalui kepemilikan akun media sosial. Ada kalanya, sebuah agensi terlebih dahulu menggunakan media sosial untuk promosi, sebelum membangun sebuah web. Di media sosial, anda bisa mengecek history dari agensi tersebut sejak pertama kali akun medsos itu dibuat.

  • Kontak yang Valid

Jasa backlink adalah industri berbasis online, namun karena menginvestasikan cukup banyak uang untuk membangun backlink, maka pastikan bahwa jasa backlink tersebut memiliki kontak yang valid dan bisa dihubungi kapan saja. Caranya? Lakukan ujicoba panggilan ke nomor kontak tersebut pada jam-jam yang dianggap ‘rawan.’ Jika customer service masih melayani panggilan, kemungkinan besar kontak yang diberikan valid.

Kontak juga bisa anda dapatkan di halaman media sosial. Jika agensi melakukan update rutin terhadap media sosialnya, maka anda bisa mempercayainya. Artinya,  jika suatu saat anda hal yang ingin anda tanyakan, anda konfirmasi, atau anda komplain, ada kontak yang selalu bisa anda hubungi.

Memilih Jasa Backlink Terbaik: Kesimpulan

Nah, itulah beberapa kriteria sebuah jasa backlink terbaik dan mampu memberikan link berkualitas untuk membantu mengangkat popularitas web atau situs anda. Pada aplikasinya, anda bisa saja menemukan kriteria lain. Mungkin, anda memiliki target sendiri tentang kemampuan jasa backlink tersebut. Namun yang terpenting, sensasi atau kesan yang pertama anda dapatkan saat berkomunikasi dengan agensi tersebut juga tidak bisa diabaikan.

Bisa saja, ada agensi yang menawarkan harga bersaing atau backlink berkualitas untuk SEO, namun anda tidak nyaman berkomunikasi dengan petugasnya atau pelayanan konsumennya tidak ramah. Maka, anda bisa saja mencari alternatif lain yang bisa memberikan layanan yang ramah dan sopan. Ada kalanya, cara komunikasi interpersonal dapat mempengaruhi hubungan bisnis antara dua pihak. Komunikasi yang baik dan sikap yang ramah tentunya akan menyenangkan bagi siapa saja.

*Sumber: Investasi.online

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA