by

Serahkan Bantuan Dana Hibah, Bupati Jembrana: Manfaatkan Dana Ini dengan Baik

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menyalurkan Bantuan Dana Hibah kepada 13 Badan/ Lembaga Nirlaba, Sukarela dan Sosial se-Kabupaten Jembrana. Total anggaran yang disalurkan tersebut sebesar Rp 850.000.000 (delapan ratus lima puluh juta rupiah) dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Bali, Jumat (2/2/2024).

Usai penyerahan tersebut, Bupati Tamba mengingatkan penerima dana hibah agar bantuan hibah tersebut diperuntukan sesuai dengan rencana anggaran biaya yang telah ditetapkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), menurutnya bantuan tersebut dapat menjadi suntikan semangat bagi badan dan lembaga yang mendedikasikan diri mereka untuk melayani masyarakat dengan penuh keikhlasan. “Hibah ini tidak hanya sekedar alokasi dana, melainkan simbol dari kepercayaan dan apresiasi pemerintah Kabupaten Jembrana terhadap kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh badan dan lembaga nirlaba kepada masyarakat kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa badan dan lembaga nirlaba memiliki peran strategis dalam membangun kebersamaan dan kemanunggalan antar warga masyarakat. “Keberadaan mereka sebagai entitas sukarela dan sosial adalah tonggak utama dalam memperkuat rasa kepedulian dan gotong royong di tengah-tengah kita,” ucapnya.

Pihaknya berharap bantuan hibah berupa uang dapat dimanfaatkan dengan baik dan meringankan kegiatan organisasi badan/lembaga, dan dapat mendukung program-program yang telah direncanakan sehingga menunjang upaya peningkatan perekonomian masyarakat. “Manfaatkan dana ini dengan baik untuk masyarakat di Kabupaten Jembrana,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata dalam laporannya menuturkan bahwa dana hibah yang disalurkan tersebut bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Jembrana Tahun Anggaran 2024, dan tujuan pemberian dana hibah tersebut untuk membantu kegiatan organisasi Badan/Lembaga, sehingga dapat memberikan pelayanan yang Nirlaba, Sukarela dan Sosial untuk mendukung pembangunan sosial dalam hal kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. “Dana hibah yang disalurkan kepada 13 lembaga/badan terdiri dari berbagai macam organisasi diantaranya:

  1. PMI
  2. DPC Depabri
  3. PP Polri
  4. Yayasan Priyahita
  5. Persatuan Purnawirawan TNI AD.

Selain lima organisasi tersebut juga beberapa yayasan organisasi lainnya dengan nilai yang berbeda-beda,” jelasnya.

Ia berharap yayasan yang mendapat bantuan tersebut lebih maju dan berperan aktif dalam memajukan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Jembrana yaitu menuju Jembrana Emas 2026. “Ini merupakan kegiatan rutin yang konsisten dilakukan dan dianggarkan di APBD Kabupaten Jembrana yang dituangkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran pada dinas sosial sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA