by

Pemkab Jembrana Gelar Program Sosialisasi dan Vaksinasi Rabies dalam Rangka Peringatan World Rabies Day

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan menyelenggarakan Program Sosialisasi dan Vaksinasi Rabies, yang dipusatkan di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Sabtu (7/10/2023). Sosialisasi dan Vaksinasi tersebut dalam rangka memperingati World Rabies Day (hari rabies sedunia).

Sosialisasi tersebut diberikan tidak hanya kepada orang dewasa tetapi juga anak-anak seperti yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Tukadaya. Peringatan World Rabies Day tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan bahayanya penyakit rabies, kalau tidak ditangani dengan benar sesuai SOP maka bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana I Wayan Sutama mengatakan bahwa sosialisasi yang diberikan berupa KIE (komunikasi informasi edukasi) terkait penanganan dan pencegahan penyakit menular rabies. “Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular,” ucap Kadis Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama.

Selain sosialisasi, peringatan World Rabies Day di Kabupaten Jembrana juga diisi dengan vaksinasi kepada hewan secara keliling, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Drh. I Wayan Widarsa. “Ini juga sebagai bentuk pencegahan rabies, hal ini tentu juga rutin kami lakukan, perlu diketahui, khusus dalam peringatan World Rabies Day kali ini, tim vaksinator kami berhasil melakukan vaksinasi rabies sebanyak 178 vaksin anjing dan 27 vaksin kucing,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA